Kemandirian dan hasil belajar PPKn siswa yang mengikuti kegiatan OSIS

Dhofirul Khasanah, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kemandirian dan hasil belajar PPKn siswa  yang mengikuti kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu. Kemandirian dan hasil belajar PPKn siswa dilihat dari aspek kemandirian dari lima aspek kemandirian dan hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan jenis pendekatan survey. Sampel pada penelitian ini berjumlah 45 siswa yang merupakan pengurus OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu periode 2022/2023. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner kemandirian belajar siswa, dan dokumentasi nilai ulangan akhir semester 1  yaitu dokumen hasil belajar PPKn siswa yang mengikuti kegiatan OSIS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan perolehan rata-rata 76,49, hasil belajar PPkn siswa terkategori tinggi dengan perolehan rata-rata 80,29. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti kegiatan OSIS mempunyai kemandirian belajar yang cukup baik, hal ini juga ditunjukkan  dengan hasil belajar nilai rata-ratanya sudah di atas KKM.


Keywords


Kemandirian, Hasil Belajar PPKn, OSIS

Full Text:

PDF

References


Affandi, M., Chamalah, E., & Puspita Wardani, O. (2013). model dan metode pembelajran di sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Alfionita, S. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Bebantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa IPS SMAN 1 Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. 1-185.

Ambarwati, A. (2018). Perlaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative.

Aqil, D. I. (2016). Pengaruh Aktivitas Organisasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Research and Development Journal of Education, 127-137.

Arillio, Q. P. (2020). Pnegaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas IV SE-Dabin ! Kecamatan Margada Kota Tega. 1-274.

Aziz , A. J. (2017). Self Regulated Learning dalam Al Quran. Jurnal pendidikan agama islam, 81-108.

Fithiryyah, M. U. (2021). DASAR DASAR TEORI ORGANISASI . Jakarta : IRdev.

Japar, M. (2018). Pembentukan Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan OSIS di Sekolah MEnnengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 86-103.

Junarti, Sukestiyarto, Mulyono, & Dwidayanti, N. K. (2020). The Influence of Independent Learning and Structure Sense Ability on Mathematics Connection in Abstract Algebra . Proceeding Of the International conference on science and education and Technology, 57-64.

Junarti, Zainudin , M., & Novela, Y. (2022). Membangun kKemandirian Belajar Aljabar Abstrak memalaui Modul Pendampingan. Prosiding Seminar Nasional Hybrid, 265-287.

Khasanah, D. (2022). Profil Kemandirian Be;ajar Siswa yang Mengikuti Kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu . Prosiding nasional Pendidikan IKIP PGRI Bojonegoro, 125-132.

Kurnia, Y. R. (2017). Perbedaan kemandirian belajar antara siswa pengurus osisi dan anggota ekstrakurikuler bola basket di sman 1 aeyegan . e-journal Bimbingan dan Konseling Edisi 2, 153-163.

Nanda , A. (2022). Butir Butir Instrumen Angket Kemandirian Belajar Siswa . Hentet 4. November 2022 fra Butir Butir Instrumen Angket Kemandirian Belajar Siswa : https://www.academia.edu/35489438/Butir_Butir_Instrumen_Angket_Kemandirian_Belajar_Siswa

Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa . Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran MAtematika, 21-26.

Prianti, E. N. (2018). Pengaruh Presepsi Lingkunagn Sekolah Terhadapa Prestasi Belajar PPKn Siswa SMA Negeri Pandeglang Banten. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 92-99.

Rijal , S., & Bachtiar , S. (2015). Hubungan antara sikap, kemadirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 15-20.

Risky, E. A. (2023). Membangun Kemandirian Belajar Siswa MTs Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Prosiding Seminar Nasional Dariing , 1132-1141.

Sari, E. (2022). Studi Literasi Model Pembelajaran Word Square dan Kualitas Belajar serta Kemandirian Belajar PPKN Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 151-164.

Sekartaji, F. P., Junarti, & Zuhriah, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Jurnal Pendidikan SEROJA, 196-207.

Sharon , Z., Tadlok, J., & Daniele, E. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC), 28.

Slameto. (2010). belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.

Tanjung, d. (2022). Pemahaman Terhadap Teori Organisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5816-5823.

Tarusu, D. T., Zulela, & Andiansha, A. A. (2020). Inegrasi Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Mtematika di Era Indostri 4.0. Jurnal Ilmiah Mnadala Education, 170-175.

Wahjono, S. I. (2022). Struktur organisasi. I S. I. Wahjono, Bahan Ajar Perilaku Organisasi 2 (s. 1-19). Surabaya: Universitas Muhamadiyah Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.