Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Game Wordwall pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN 1 Durenan

Fuadatul Farida, Fida Chasanatun, Shofi Khamidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran berupa game wordwall pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi jenis rambu-rambu lalu lintas kelas III di SDN 1 Durenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Durenan yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data desktiptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terkait hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Durenan setelah menerapkan media pembelajaran berupa game wordwall. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dengan rata-rata periode siklus I adalah  70,5. Sedangkan, pada periode siklus ke 2 mengalami perubahan menjadi 77,4. Presentase hasil belajar peserta didik meningkat dari yang semula pada siklus 1 38,5% menjadi 53,8% pada siklus ke 2.


Keywords


Game Wordwall, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Anisatul. “Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran”. Jurnal Andaluna, No. 1 Vol. 3. 2021.

Azizah, H. N. “Peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab Melalui Penggunaan media wordwall”. Alsuniyat, No. 1 Vol. 1. 2020.

Faradila, Shafira Puspa, dkk. “Analisis Penggunaan Media pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 15 Semarang”. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2018.

Farhurohman, Oman. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI”. Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, No. 1 Vol. 9. 2017.

Gandasari, P., & Pramudiani, P.. “Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di Sekolah Dasar”. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021.

Jasmiati. Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018.

Kahfi, Riana. “Penetapan Metode REQA untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Materi Membuat dan Menjawab Pertanyaan dari Teks yang Dibaca”. Jurnal Pena Ilmiah, No. 1 Vol. 2. 2017.

Khairunisa, Y.. “Pemanfaatan fitur gamifikasi daring Maze Chase–Wordwall sebagai media pembelajaran digital mata kuliah statistika dan Probabilitas”. Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, No. 2 Vol. 1, 2021.

Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Studia Didaktika, No. 1 Vol. 11, 2017.

Sentani, Arlita Dwi. “Implementasi Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, No. 1 Vol. 4. 2022.

Steffi, Adam, dkk. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam”. CBLS Jurnal, No. 2 Vol. 3, 2015.

Sulastri, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya”. Jurnal Kreatif Tadulako, No. 1 Vol. 3. 2017.

Susilowati, Dwi. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran”. Jurnal Edunomika. No. 1 Vol. 2. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.