Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas V di SDN Sayutan 1

Karisma Putri, Vivi Rulviana, Ina Azaria Yupita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pembelajaran matematika kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Sayutan 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sayutan 1 setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa rata-rata periode siklus I adalah 76,71 dan pada periode siklus 2, rata-rata meningkat menjadi 80,3. Pada Persentase aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran siklus I secara keseluruhan mencapai 65,47%.  Setelah diadakan perbaikan, aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan, persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 75,71%.


Keywords


PBL, Hasil belajar, Matematika.

Full Text:

PDF

References


Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2013). 36 Jee 2 (1) (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Vivin Nurul Agustin *. Retrieved From Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jee

Publikasi, M., Bidang, P., Dasar, P., Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan, 5(2).

Serambi Ilmu, J., Mahya Sari Suci Mahya Sari Adalah Guru Pada Sma Negeri, S., & Banda Aceh, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam UNDANGPembelajaran Matematika Di Sma.

Yulio Arindiono, R. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Sains Dan Seni Pomits , 2(1).

Zainal, Z., Negeri, S., & Kab Soppeng, Lenrang. (N.D.). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Menggunakan Model Problem Based Learning. Pinisi Journal Pgsd.

Zella Tiffany, C. M., & Mudjianto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. Retrieved From https://Doi.Org/10.17933/Diakom.V1i2.20

Putri, Karisma. Wawancara pribadi dengan Ina Azariya Yupita. 11Juni 2023.

Yustianingsih, Rizza. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2).

Firdaus, Aulia. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Qalamuna- Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13 (2).

Suharti, A. (2013). Improvement of Power Mathematical in Learning Math through Learning Model Combined. International Journal of Science and Technology, Vo. 2(8), Hal. 576-582.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.