Bahan ajar berbasis google sites materi luas bangun datar matematika di kelas IV sekolah dasar

Syafaa Diviella Alayya Violinzky, Fida Rahmatika Hadi, Lingga Nico Pradana

Abstract


Pengembangan bahan ajar google sites dapat membuat pembelajaran menjadi menarik dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Platfrom google sites memfasilitasi kegiatan pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, serta mengetahui tingkat kemudahan bahan ajar berbasis google sites materi luas bangun datar matematika kelas IV  sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan  research and development, model ADDIE terdiri dari analyze, design, development, implementation, dan evaluation, serta metode kombinasi. Subjek penelitian ini adalah satu guru kelas IV dan 11 siswa kelas IV. Berdasarkan hasil validasi diketahui ahli materi uji validasi 84,18% menjadi 87,25%, ahli bahasa 82,6% menjadi 82,8%, ahli konsep 83,285% menjadi 84,285%, dan ahli penampilan 87,14%  menjadi 87,714%. Hasil rekapitulasi uji validasi 84,30% menjadi 85,85%. Pemaparan hasil penilaian angket respon guru mendapatkan persentase 93,84%, angket respon siswa mendapatkan persentase 87,27%. Berdasarkan hasil respon guru dan siswa maka dapat ditarik kesimpulannya produk yang dikembangkan sangat mudah untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas IV.

Keywords


Pengembangan bahan ajar, Google Sites, Matematika

Full Text:

PDF

References


Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis HOTS Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197.

Apriyanto, C. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Development of E-LKPD with Scientific Approach of Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions. Journal of The Indoensian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 38–42. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.6843

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Febriantika, L. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis web mata pelajaran biologi kelas XI. BaJET (Baturaja Journal of Educational Technology), 2(2), 135–137.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Hadi, R. F., & Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 63–68. http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Handayani, R. D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile Learning pada Mata Kulih Optik di FKIP Universitas Jember. Ta’dib, 17(1), 81–85.

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 73–83.

Harsanto, B. (2017). Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. (S. Sonjaya, Ed.). Unpad press.

Kristanto, B. P., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Quizizz dengan Soal PISA Konten Quantity. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 64–72.

Made Tegeh, I., Simamora, A. H., Dwipayana, K., Studi, P., & Pendidikan, T. (2019). Pengembangan Media VIideo Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2).

Megawati, Efriyanti, L., Supriadi, Musril, H. A., & Dewi, S. M. (2022). Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI menggunakan Google Sites di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 164–175.

Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web GoogK.A. Nalasari, N.K. Suarni, & I.M.C. Wibawa. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146.

Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.

Persada, A. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 62. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1661

Pramestika, L. A., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website Untuk Peserta Didik Kelas V Sd Development of Website Based Thematic Teaching Materials for Fifth-Grade Elementary School Students. 04(April), 72–79.

Pratiwi, S. I., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333–340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163–172.

Purnamasari, N. L. (2019). Metode ADDIE pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash pada Mata Pelajran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530

Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Elementary, 6(1), 104–108. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13464

Restian, A., Deviana, T., Nanda, Y., & Saputri, E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85–91.

Rijal, A., & Sukenda Egok, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi PQ4R di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 355–371. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Sitepu, D. S. B., & Herlinawati. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Materi Ikatan Ion dan Kovalen untuk SMA Kelas X. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 522–563.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). CV Alfabeta.

Sweller, J. (2021). Instructional Design. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438

Utami, N. S. A., & Rahmawati, D. (2018). Penngembagan Media Pembelajaran Game Edukatif Teka-Teki Silang Akuntansi Berbasis Android sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. Kajian Pustaka Akuntansi Indonesia, 7(3), 1–18.

Utomo, D. S., Sumarmi, & Susilo, S. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI LITOSFER KELAS X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Wardhana, E. K., Syafii, A. M., & Putra, F. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika B. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 57–67. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/index

Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal Open-Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA).

Yuniar, A. R., Subandowo, M., & Karyono, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Informatika Berbasis Google Site Custome Domain. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 360–368. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2105


Refbacks

  • There are currently no refbacks.