Kelayakan media pembelajaran video animasi pada materi suhu dan kalor kelas V sekolah dasar

Indah Auliya Agustiningrum, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Media pembelajaran menjadi pilihan utama dalam mengajar dan mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa memahami materi pelajaran. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video animasi dan mengetahui kelayakan media animasi dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa kelas V SDN Sumberejo 01 berjumlah 19 siswa. Pada pengumpulan data menggunakan teknik validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket respon guru, dan siswa. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan ahli media 96%, ahli materi 90%, ahli bahasa 90% yang dikategorikan "sangat valid" dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Respon guru menunjukkan 100% dan respon siswa 96,8% dapat disimpulan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis canva pada materi suhu dan kalor kelas V layak digunakan pada pembelajaran IPA.

Keywords


Media Pembelajaran, Video Animasi, Suhu dan Kalor

Full Text:

PDF

References


Agus, P., Dwipayana, P., Redhana, W., & Prima Juniartina, P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP.

Al-Murabbi, J. Wiwin Fachrudin Yusuf (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD) 263. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Khasanah, Q., Amita, P., Prasasti, T., Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690

Manggala Duta, A., Amita, P., Prasasti, T., & Palupi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD/MI. www.appypie.com.

Susilowati, E., Uin, P., & Jambi, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-

Tri, T. R., Cahya, W., Amita, P., Prasasti, T., Kusumawati, N., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Trisiana, A., (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran.

Yosiva, A., (2020) Media Video Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Berbasis Praktikum Sederhana Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Video.

Zahwa, F. A., Syafi’i 2, I., Tarbiyah, F., (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. 19, 1. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium


Refbacks

  • There are currently no refbacks.