Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi alif alya untuk membina karakter siswa di kelas V SDN 04 Madiun Lor

Dixy Robiyatul Asmawati, Ibadullah Malawi, Suyanti Suyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan hasil analisis karakter dalam Film Animasi Alif Alya. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang di ambil dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V Di SDN 04 Madiun Lor. Metode penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian  wawancara dan observasi yang telah di lakukan dapat di temukan bahwa terdapat 5 karakter di setiap episode Film Animasi Alif Alya seperti karakter (1) religius, (2) jujur, (3) rasa ingin tahu, (4) peduli sosial, (5) toleransi. Karakter yang terdapat dalam Film Animasi Alif Alya dapat membina Karakter siswa untuk lebih baik

Keywords


Film Animasi Alif Alya, karakter

Full Text:

PDF

References


Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939

Carmia Diahloka. (2012). PENGARUH SINETRON TELEVISI DAN FILM TERHADAP PEREKMBANGAN MORAL REMAJA Carmia Diahloka Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang. Jurnal Reformasi, 2(1), 23–29. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/15

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Fitri, a. A. & E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Admizal 1 , Elmina Fitri 2 1,2). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 163–180.

Hidayati, T. U., Alfiandra, A., & Waluyati, S. A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa Di Smp Negeri 1 Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(1), 17–36. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i1.7920

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Toleransi. Nusamedia.

PURNOMOAJI, A., & Wachid B.S, A. (2021). Epistemologi Pendidikan Karakter Islami Di Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 12(1), 19. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4022

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. November.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.