Pengaruh model pembelajaran PJBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS kelas IV MIN 2 kota madiun

Kartiko Tri Yunianto, Bambang Eko Hari Cahyono, Sri Budyartati

Abstract


Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh model PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis proyek diketahui populasi dari penelitian adalah 216 siswa. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 72 siswa kelas  IV dari kedua kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen 83,33, rata – rata nilai kelas kontrol 68,83. Uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov >0,05 hasil dari kelas eksperimen 0,200, kelas kontrol 0,200 maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi  0,697 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,001 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


PjBL terintegrasi STEM, Kemampuan berpikir kritis, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Riyanti, R. Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog. 4, 206 (2020).

Firdaus, A., Nisa, L. C. & Nadhifah, N. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, J. Mat. Kreat. 10, 68–77 (2019).

Nugroho, A. N. & Airlanda, G. S. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru 3, 400 (2020).

Sugiyono. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). (ALFABETA, CV, 2016).

Azizah, I. N. & Widjajanti, D. B. Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. J. Ris. Pendidik. Mat. 6, 233–243 (2019).

Yulia Adytia Putri, Z. Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap. Bioeduca J. Biol. Educ. 4, 1–11 (2022).

Allanta, T. R. & Puspita, L. Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. J. Inov. Pendidik. IPA 7, 158–170 (2021).

Rochim, R. A., Prabowo, P. & Budiyanto, M. Analisis Kebutuhan Perangkat Pembelajaran Model PjBL Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning di Masa Pandemi Covid-19. J. Basicedu 5, 5370–5378 (2021).

Amalia Rizki Pautina dan Nur Ainun Djaena. Jurnal Pendidikan Islam. Irfani J. Pendidik. Islam 17, 179–188 (2021).

Mira Shodiqoh. M Mansyur. Reaktualisasi Project Based Learning Model Dalam Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Arab. Tanfidziya J. Arab. Educ. 1, 144–155 (2022).

Dywan, A. A. & Airlanda, G. S. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J. Basicedu 4, 344–354 (2020).

Priatna, N. & Lorenzia, S. A. Project-Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Pros. SNIPS 2018 406–408 (2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.