Penerapan strategi directed reading thinking activity untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas v sdn 01 winongo

Deni Nurcahyono, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Kelas V SDN 1 Winongo .; (2) peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia  menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity pada siswa kelas V SDN 01 Winongo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan berpendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data nilai awal menunjukkan bahwa hasil belajar pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasan siswa 23%, sehingga dapat dikategorikan masih belum memuaskan. Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan siswa 43%, sehingga dapat dikategorikan masih kurang memuaskan. Dan hasil belajar pada siklus II diperoleh persentase 80% sehingga dapat dikategorikan sangat baik. Sehingga terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia  pada siswa. Berdasarkan penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa pembelajaran melalui strategi Directed Reading Thinking Activity dapat memudahkan anak untuk menyerap materi pembelajaran tentang membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga terjadi peningkatan pada hasil pembelajaran.

Keywords


Hasil belajar, pembelajaran bahasa indonesia, Directed Reading Thinking Activity, membaca pemahaman

Full Text:

PDF

References


Alihar, F. (2018). No Titleענף הקיווי: תמונת מצב. עלון הנוטע, 66, 37–39.

Astari, N. W. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Keterampilan Membaca Cepat Siswa. Journal of Education Technology, 3(2), 119. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21716

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

HS, N., & Yuliah, Y. (2021). The Implementation of Directed Reading Thinking Activity (DRTA) to Improve Students’ Reading Comprehension. Seltics, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.46918/seltics.v4i1.723

Moh.Mukhlis. (2012). Pembelajaran Tematik PEMBELAJARAN TEMATIK Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, IV(14), 66.

Satriyanti;, & Said, ide; munirah. (2020). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa PENGARUH DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP Pendahuluan Keterampilan empat aspek , ada Keterampilan bermanfaat interaksi dalam komunikasi berbahasa melakukan dalam yaitu keterampilan menyimak , berbicara , membaca. 6(April), 27–40.

Yuliantika, N. P., Kristiantari, M. R., & Putra, M. (2018). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking ACtivity Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 170–179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.