Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika kelas 4 sekolah dasar

Adika Malik Ramadhan, Sri Lestari, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan peneliti adalah metode Quasi Eksperimental Desain dengan memberi pada 2 sekolah dasar kelas 4 dengan perlakuan yang berbeda. Jumlah dari populasi yang ada sebanyak 146 siswa kelas 4 yang terdiri dari satu gugus yang terdiri atas 6 sekolah dasar di kecamatan Wonoasri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan Simple Random Sampling yaitu dengan mengambil sampel secara acak. Didapatkan 2 sekolah yaitu SDN Plumpungrejo dan SDN Sidomulyo 01, dengan masing-masing ada 20 siswa jadi ada 40 siswa sebegai sampel. Pada SDN Plumpungrejo 01 kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBL dan pada SDN Sidomulyo 01 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah pemberian soal pretest dan posttest. Teknik yang digunakan untuk pengolahan data ialah dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan uji-t. Hasil dari penelitian ini diperoleh    Thitung (3.440) > Ttabel (2.024) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, berarti ada pengaruh yang positif pada model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika kelas 4 sekolah dasar.

Keywords


Model PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 95. doi:https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822

Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 15. Retrieved from https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Dawson, C. L., Hennessey, M. N., & Higley, K. (2016). Student Perceptions of Justification in Two Disparate Domains: Education and Biology. International Journal of Higher Education. 95-101. doi:. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p1

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sdn Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JP (Jurnal Pendidikan), 66-72.

Fahrurrozi, S. H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Ika Rahayu, I. Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn Kencana Indah Ii. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISSN : 2477?5673, Vol 1.

Kodariyati, L. A., Banjarrejo, J., & Batanghari. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD The Effects of the PBL Model on the Mathematical Communication and Problem-Solving Skills of Five-Graders of Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 93-106.

Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Koneksi. 169-175.

Mariam, S., Nurmala, N., & Nurdianti. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTSN dengan mengunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendikia: Jurnal pendidikan matematika , 178-186.

Putra, B. A., Handayani, R. H., Muhammadi, M., & Belajar, H. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Konvensional. Jurnal ilmiah pembelajaran inovasi, 78-88. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9057

Putri, U. A., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 69-78. doi: 10.25273/jems.v8i1.6088

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal pendidikan matematika, 17-24. Retrieved from https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23

Samo. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Tahun Pertama dalam Memecahkan Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 141-152. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2

Sari, M. K., & Setyo, R. (2019). Pengembangan Profesi Guru SD Di Era Teknologi Internet of Things 4.0. Madiun.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. R. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 311-320. Retrieved from https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764

Wijayanti, S., Hartono, S., & Murniati, N. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Supriyadi Kota Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 128. Retrieved from https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3830

Yusmilda, Y., Budi, S., I., & Zuhad, H. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis HOTS Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di Era Society 5.0. Al-Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 429. Retrieved from https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1885


Refbacks

  • There are currently no refbacks.