Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika kelas 4 sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 95. doi:https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822
Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 15. Retrieved from https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Dawson, C. L., Hennessey, M. N., & Higley, K. (2016). Student Perceptions of Justification in Two Disparate Domains: Education and Biology. International Journal of Higher Education. 95-101. doi:. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p1
Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sdn Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JP (Jurnal Pendidikan), 66-72.
Fahrurrozi, S. H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Ika Rahayu, I. Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn Kencana Indah Ii. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISSN : 2477?5673, Vol 1.
Kodariyati, L. A., Banjarrejo, J., & Batanghari. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD The Effects of the PBL Model on the Mathematical Communication and Problem-Solving Skills of Five-Graders of Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 93-106.
Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Koneksi. 169-175.
Mariam, S., Nurmala, N., & Nurdianti. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTSN dengan mengunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendikia: Jurnal pendidikan matematika , 178-186.
Putra, B. A., Handayani, R. H., Muhammadi, M., & Belajar, H. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Konvensional. Jurnal ilmiah pembelajaran inovasi, 78-88. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9057
Putri, U. A., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 69-78. doi: 10.25273/jems.v8i1.6088
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal pendidikan matematika, 17-24. Retrieved from https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23
Samo. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Tahun Pertama dalam Memecahkan Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 141-152. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2
Sari, M. K., & Setyo, R. (2019). Pengembangan Profesi Guru SD Di Era Teknologi Internet of Things 4.0. Madiun.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, T. R. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 311-320. Retrieved from https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764
Wijayanti, S., Hartono, S., & Murniati, N. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Supriyadi Kota Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 128. Retrieved from https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3830
Yusmilda, Y., Budi, S., I., & Zuhad, H. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis HOTS Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di Era Society 5.0. Al-Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 429. Retrieved from https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1885
Refbacks
- There are currently no refbacks.