Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Digital Pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar

Vrisca Bhetris Dandung, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Media pembelajaran berbasis digital adalah salah satu bentuk penerapan pembelajaran abad 21 yang mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book berbasis digital pada materi rantai makanan kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Populasi siswa kelas V berjumlah 91 siswa, sedangkan sampel diambil secara acak sebanyak 64 siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata presentase validasi ahli yaitu 84,6% termasuk kategori sangat valid. Uji coba perorangan memperoleh presentase 100% dengan kategori sangat valid. Uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase 100% dalam kategori sangat valid. Presentase uji coba lapangan yaitu 93% dengan kategori sangat valid. Uji respon guru mendapatkan presentase 100% termasuk kategori sangat valid. Uji respon siswa memperoleh presentase 93,6% dalam kategori sangat valid. Hasil angket tersebut menyatakan bahwa media Pop Up Book berbasis digital pada materi rantai makanan valid atau layak dipergunakan saat pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar.

Keywords


Media Pembelajaran Digital; Pop Up Book; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya Offset.

Astuti, R. W., & Prasasti, P. A. T. (2019). Pengaruh Scientififc Approach dalam Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Biology Learning, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.32585/.v1i1.246

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Gunawan, A. (2017). Pengembangan Model Belajar Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 4(1), 11–21. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7666/5181

Hendra, Hery Afriyadi, Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Sinta Nur Laila, Yana Fajar Prakasa, Rahmat Putra Ahmad Hasibuan, A. D. A. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik) - Google Buku. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/ jisd.v4i2.24458

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai Tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Marlina, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Aplikasi Flip Builder Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Penerapan Pancasila Dalam Konteks Berbangsa Terhadap Memotivasi Belajar Siswa. 6(1). https://doi.org/https://doi.org/ 10.47080/propatria.v6i1.2513

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2018). SETS-based guided experiment book: Empowering science process skills of elementary school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(3), 257–262. https://doi.org/10.22219/ jpbi.v4i3.6684

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446

Rokhayati, I. T., Prasasti, P. A. T., Maruti, E. S., & Irawan, N. (2022). Quality of E-Book Teaching Materials with Scientific Inquiry Approach in Strengthening Science Literacy for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(3), 235. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i3.10252

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703. https://doi.org/10.31004/basicedu. v6i5.3909


Refbacks

  • There are currently no refbacks.