Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Agnes Cantika Tunjungbiru, Fida Chasanatun, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut dikarenakan model, media, maupun LKPD yang digunakan dalam pembelajaran kurang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki 2 siklus, yakni siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN 01 Manisrejo dengan subjek penelitian sejumlah 6 siswa kelas V yang mempunyai hasil belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 75,33 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,18. Sedangkan hasil belajar afektif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 80% yang pada siklus II meningkat menjadi 85%. Kemudian hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 78,14% yang pada siklus II meningkat menjadi 83,88%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Keywords


LKPD; Inkuiri terbimbing; Hasil Belajar; IPA

Full Text:

PDF

References


Aini, Nur Aisyah, A. Syachruroji, and Nana Hendracipta. 2019. “Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya.” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar 68–76.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Damayanti, Ida, and Mintohari. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 02(03):1–12. doi: 10.33578/jpfkip.v7i1.5358.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Fatimah, Siti, and Ika Kartika. 2013. “Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter.” Jurnal Al-Bidayah 5(2):281–97.

Kristyowati, Reny. 2018. “Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan.” Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 282–88.

Marito, Sinta B., Susilawati, and Abdullah. 2016. “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Larutan Asam-Basa Kelas XI SMA.” 1–10.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.”

Muakhirin, Binti. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Guru “COPE" 18(01):51–57.

Muslimah. 2020. “Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Muslimah.” SHEs:Conference Series 3(3):1471–79.

Nurmalena, Darsono, and Suwarjo. 2017. “Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba.” Jurnal Pedagogi 2(1):1–10.

Oktariayani, Oktariayani, Media Roza, and Remiswal Remiswal. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD/MI.” Jurnal Tarbiyah Al-Walad 10(2):123–32.

Rofiah, Nurul Hidayati. 2014. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kit Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar IPA Di MI/SD.” Al-Bidayah 6(2):253–72.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.