Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Berhitung Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV Di SDN 2 Gandukepuh Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Shinta Dwi Utaminingsih, Vivi Rulviana, Sri Budyartati

Abstract


Permasalahan yang dijumpai dalam pembelajaran matematika di sekolah bahwa pelajaran matematika sering dikritik oleh siswa. Siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang paling menantang, menakutkan, membosankan, dan tidak menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan upaya perbaikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berhitung pada kurikulum merdeka kelas IV di SDN 2 Gandukepuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran keterampilan berhitung menggunakan kurikulum merdeka, namun masih dalam tahap penyesuaian karena kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru. Oleh karena itu, upaya perbaikan yang dilaksanakan sekolah adalah mencari referensi melalui internet maupun Kelompok Kerja Guru (KKG) agar tercapainya tujuan pembelajaran keterampilan berhitung di kelas.


Keywords


Pembelajaran; Keterampilan Berhitung; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Irena, D., Simangunsong, R., Rahayu, M. R., & Saputra, G. (2023). PENGARUH PERUBAHAN K-13 MENUJU KURIKULUM MERDEKA DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR THE EFFECT OF CHANGES IN K-13 TOWARDS AN INDEPENDENT CURRICULUM IN ELEMENTARY SCHOOL EDUCATION. 01(01), 14–23.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Majid, Abdul.2017.Strategi Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Mariyati, Y., & Sari, N. (2017). Efektifitas penggunaan jarimatika dalam meningkatkan keterampilan berhitung matematika kelas III SDN 2 Tamansari. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 30–35.

Moleong, Lexy.J.2012.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324

Murtafi’ah, M., Fathurohman, I., & Ulya, H. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6163

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Sumirat, I., Trimurtini, & Wayuningsih. (2016). Pengaruh Praktik Jarimatika terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif, 7(1), 63–72.

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, P. R. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1, 2105–2117.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.