Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Spinning Wheel Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II SDN 2 Gagakan

Annisa Maulidina, Hartini Hartini, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Spinning Wheel Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II SDN 2 Gagakan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Gagakan dari bulan April sampai bulan Juni tahun 2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis metode true eksperimental Design dengan jenis penelitian Posstest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dan terpilihlah 40 siswa sebagai sampel penelitian (grup A dan B). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes (posttest). Uji Prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap hasil belajar tematik yang ditunjukkan dengan T_(hitung )8,5038 dan T_(tabel )1,685 dengan kriteria pengujian T_(hitung )8,5038>T_(tabel )1,685 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media Spinning Wheel terhadap Hasil belajar tematik siswa kelas II SDN 2 Gagakan.


Keywords


Model PembelajaInkuiri; Media Spinning Wheel; Hasil Belajar Tematik

Full Text:

PDF

References


Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., ... & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka.

Astuti, N. A. I. (2020). Keefektifan Metode Inkuiri Berbantu Media SMART CARD (Kartu Pintar) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sambiyan Pada Pembelajaran Tematik. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 69-75.

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.

BELLA, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Ma’arif Tritunggal Lampung Timur (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Cholifah, T. N., & Zuhroh, L. (2019). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52-59.

Gani, R. A., Purnamasari, R., & Mujahidah, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 170-174.

Gunawan, I. 2017. “Pengantar Statistika Inferensi “. Jakarta : Rajawali.

Hamdanah, s. u., & hanik, e. u. (2023). penerapan model pembelajaran numbered head together berbantuan media spinning wheel ips kelas v. journal of educational learning and innovation (elia), 3(1), 45-91.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Haniah, A. A., Rosnita, R., & Sugiyono, S. Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(2).

Hidayat, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Dengan Pendekatan Inquiry Pada Materi Bangun Ruang (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Huda, N. F. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel dalam Pembelajaran Qawa> id Nahwu. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 155-174.

Husnah, N. (2022, May). Pembelajaran Inquiry Terbimbing Di Era SOCIETY 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.

Mahardika, I. K., Muzammil, M. H., Saragih, D. F., Putri, F. H., & Putri, N. E. (2023). Peranan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 244-252.

Mahtuum, Z. A. R., Nurhayati, A., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas vii smp budi luhur pada materi perbandingan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 137-144.

Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. (2019). Teori dan aplikasi pembelajaran terpadu. Cv. AE Media Grafika.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306.

Nuryati, N., & Fauziati, E. (2021). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab. Semarang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86-95.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.

Razi, M. F. (2022). profesi, peran, hak, kewajiban dan kompetensi guru.

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi pemahaman konsep belajar IPA siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode gallery walk (sebuah studi literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69-76.

Sinaga, H. R. (2022). Pembelajaran Tematik Studi Kasus Guru Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 1 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Basasasindo, 2(1), 5-13.

Subakti, H. (2020). Hasil belajar muatan bahasa indonesia tema lingkungan sahabat menggunakan media spinning wheel kelas v sdn 007 samarinda ulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 192-206.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170.

Sugiyono. 2018. “Metode Kuantitatif . Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.