Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Scientific Berbantukan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Scientific yang Berbantukan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Tematik tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 semester 2 Kelas IV SDN Pilangbango kota madiun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi experimental, desain dalam penelitian ini adalah Non-Equivelent Control Desigh karena penelitian ini melibatkan dua kelas dalam sampel. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional, sedangkan kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan pendekatan scientific berbantukan simulasi phet.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Pilangbango. Penelitian ini menggunakan dokumentasi berupa lembar observasi, dan tes hasil sebagai instrumen pengumpulan data. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas,tingkat kesukaran, uji daya beda, uji t.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sari, Devi Permata, and Mariati P. Simanjuntak. "Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa." INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) 4.4 (2016).
Novebrini, Sintya, et al. "Penggunaan LKPD Berbasis Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang." Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7.2 (2021): 179-188.
Hidayat, Rian, Lukman Hakim, and Linda Lia. "Pengaruh model guided discovery learning berbantuan media simulasi PhET terhadap pemahaman konsep fisika siswa." Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 7.2 (2019): 97-104.
Jauhari, Tantawi, Hikmawati Hikmawati, and Wahyudi Wahyudi. "Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media phet terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari tahun pelajaran 2015/2016." Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2.1 (2017): 7-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.