Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 5 SDN Duyung 1

Teo Arahmantiyas Bahtiar, Vivi Rulviana, Diyan Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Tahapan penelitian ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang diamati dalam penelitian ini 5 dari 9 siswa kelas 5 SDN Duyung 1 yang memiliki nilai KKM  yang rendah  yaitu AR, AHS, MNM, NDM, dan TR. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar  siswa di sekolah . Teknik analisis data di penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan  adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model project based learning. Hal ini dibuktikan dengan hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dokumentasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai siswa dari siklus I dan siklus II.  Data siswa AR, AHS, MNM, NDM dan TR  mengalami peningkatan nilia dimana pada siklus I mendapat nilai 65,70, 65, 70,dan 85 Siklus II menjadi 85,80, 90, 85, dan 95. Hasil observasi pelakanaan pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64,5% menjadi 92,85% di Siklus II. Hasil wawancara menggunakan project based learning menunjukkan bahwasiswa lebih senang, mudah memahami materi


Keywords


Teknik Pembelajaran; project based learning; Hasil Belajar; Tematik

Full Text:

PDF

References


Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills:a guide to evaluating mastery andauthentic learning. London: Sage Publications Ltd

Muh. Rais. 2010. Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientai soft skills. Makalan disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya: Unesa

Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas

Rusmono.2012. Strategi pembelajaran problem based learning. Jakarta

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Zainal Aqib, A. M (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: Satunusa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.