Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 5 SDN Duyung 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Tahapan penelitian ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang diamati dalam penelitian ini 5 dari 9 siswa kelas 5 SDN Duyung 1 yang memiliki nilai KKM yang rendah yaitu AR, AHS, MNM, NDM, dan TR. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar siswa di sekolah . Teknik analisis data di penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model project based learning. Hal ini dibuktikan dengan hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dokumentasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai siswa dari siklus I dan siklus II. Data siswa AR, AHS, MNM, NDM dan TR mengalami peningkatan nilia dimana pada siklus I mendapat nilai 65,70, 65, 70,dan 85 Siklus II menjadi 85,80, 90, 85, dan 95. Hasil observasi pelakanaan pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64,5% menjadi 92,85% di Siklus II. Hasil wawancara menggunakan project based learning menunjukkan bahwasiswa lebih senang, mudah memahami materi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills:a guide to evaluating mastery andauthentic learning. London: Sage Publications Ltd
Muh. Rais. 2010. Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientai soft skills. Makalan disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya: Unesa
Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas
Rusmono.2012. Strategi pembelajaran problem based learning. Jakarta
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Zainal Aqib, A. M (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: Satunusa
Refbacks
- There are currently no refbacks.