Penggunaan Media Power Point Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik

Yahwa Najmi Alifa, Rakhma Aulia, Kharisma Oktaviana, Kun Hisnan Hajron

Abstract


perhatian siswa serta model yang belum inovatif sesuai karakteristik siswa, sehingga membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa dalam belajar berdampak pada hasil belajar IPS dan keaktifan siswa kelas 4 dengan jumlah 10 siswa dalam belajar belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui media Power Point. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK), data awal dengan rata-rata 51,00. Metode pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes soal pilihan ganda yaitu terdapat 2 siklus, kemudian di hitung rata-rata nilainya. Berdasarkan metode analisis data yang digunakan, siklus 1 dengan rata-rata 58,5 dan siklus 2 dengan rata-rata 93,5. Dengan demikian bahwa hasil siklus 1 rendah dan siklus 2 tinggi. Hal tersebut menandakan bahwa penerapan media Power Point dalam pembelajaran IPS terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas 4 SD N Grabag 3 di Desa Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media Power Point dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan media Power Point dalam pembelajaran IPS yaitu, meningkatkan keaktifan siswa dalam menemukan sendiri pengetahuannya yang membuat pembelajaran lebih bermakna, belajar mandiri, dan tidak mudah dilupakan siswa.


Keywords


Power Point; kemampuan hasil belajar; IPS

Full Text:

PDF

References


Afrilia, M., Rahmawati, F. P., & RatnawatI, W. (2022). Penggunaan Media Power Point Untuk Menunjang Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Nglorog 1 Sragen. Journal of Education Research, 4(2), 1–7.

Asmadji, H. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Beajar IPA Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V SDN Ketabang 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–14.

Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar

Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202

Bay, R. R., Algiranto, A., & Yampap, U. (2021). Penggunaan Media Microsoft Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 125–133. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/5215

Ghufroni, M. Y., . H., & Hastuti, B. (2013). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Interaksi Sosial Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Problem Posing Dilengkapi Media Power Point Pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas X Sma Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 114–121. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2593/1823

KARTIKA, E. (2015). Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Di Kelas Vi Sdn Kaliasin Vii Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 253657.

Mabruri, M., & Hamzah, H. (2020). Pemanfaatan Media Microsoft Power Point dalam Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Arab pada Era Digital. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 11. https://doi.org/10.36915/la.v1i1.2

Mandasari, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747

Nursyaida, N., & Hardiyanti, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 128 Turungan Beru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 71–76. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524

Putra, C. A., & Setiawan, M. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1), 1–6.

Ritonga, D. P. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Power Point 2010 Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islamdi Pondok Pesantren Nurul Hakim. Ihya Al-Arabiyah, 3(2), 15–25.

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.