Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok

Aji Nugraheni, Dwi Kafiliani, Fita Tri Karnia, Kun Hisnan Hajron

Abstract


menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun pelaksanaan PTK terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap pelaksanaan. Adapun hasil yang diperoleh pada siklus awal yaitu diperoleh nilai rata-rata 64,5. Nilai rata- rata pada siklus 1 masih di bawah standar KKM yang telah ditetapkan. Setelah menerapkan metode kerja kelompok pada siklus II terlihat ada peningkatan, nilai rata-rata meningkat menjadi 85 dan telah memenuhi standar KKM.  Hasil yang diperoleh  diklasifikasikan ke dalam dua kategori : baik dan sangat baik. Dengan menerapkan metode kerja kelompok siswa akan terbiasa saling berdiskusi dan berargumentasi dengan tepat. Diharapkan setelah menerapkan metode kerja kelompok, hasil pembelajaran mampu meminimalisir ketidak pahaman antar siswa satu dengan lainnya.


Keywords


Hasil Belajar; Kerja Kelompok; Siswa

Full Text:

PDF

References


Dikriansyah, F. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Maharatul Qiraah Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Vii Mts Negeri 2 Tolitoli. Biomass Chem Eng, 3(2), ثقثقثقثق. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Dwijani, N. L. G. (2017). Penerapan Metode Kerja Kelompok Berbantuan Resume Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Semester 2 Di Sd Negeri 2 Bungkulan Tahun Pelajaran 2015–2016. Jurnal Ika, 15(2), 125–132.

Kayatun, S. K. . S. (2013). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah. June.

Kostania, G. (2016). Pedoman Penyusunan Soal Pilihan Ganda ( Untuk Soal Tes Tertulis ). 1–18.

Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 519. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392

Nur yudha, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2. Jurnal Handayani, 7(2), 149–159.

Papasi, J. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri I Totikum Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 339. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2879

Patonah, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 83–88.

Rahinosiwi, U. H. W. (2019). Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasar Kkm Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 02 Ploso Jumapolo. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rubio, P. F. (2013). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. 1, 81–109.

Saffan, E., & Febrianda. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Fitra, 3(2), 104–115.

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Suarni, N. (2020). Penerapan Metode Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Proses Belajar Mengajar Kelas Vii Di Mts Ittihadil Ummah Karang Anyar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Susilawati, Yusenta. Margiati, K. (2013). Pembelajaran Tematik Dengan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. X, 1–21.

Wahyuni, S., Hasdin, & Nurvita. (2018). Penerapan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III di SDN 15 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(3), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/download/3847/9488

Wulandari, E. (2012). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Subpokok Bahasan Perubahan Sifat Benda Kelas V Sdn 1 Mertapada Kulon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.