IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI

Indarti Rukmana Saputri, Rahayu Wulandari, Silvi Fitria Fajriani, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa SD pada materi Sumber Daya Alam (SDA) melalui penggunaan media pembelajaran video. Rendahnya nilai hasil belajar siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data diambil melalui tes pilihan ganda. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 5 di SD Negeri Danurejo 1 dengan jumlah responden sebanyak 10 siswa. Hasil penelitian dari data pra siklus, persentase siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan sebesar 30%. Pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai ketuntasan meningkat menjadi 50%. Sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang mencapai nilai ketuntasan meningkat kembali mencapai 80%. Dengan demikian, terjadi peningkatan 30% dari hasil siklus I ke siklus II. Maka, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Sumber Daya Alam (SDA) di kelas tinggi.

Keywords


Model Pembelajaran;Hasil Belajar;Kelas Tinggi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–20. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784/1026

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL R & D. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78.

Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). PEMBELAJARAN IPA DI SD PADA MASA COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 409–413. http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 2(4), 329–335.

Berutu, T. (2018). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SE-KOTA STABAT. JURNAL BIOLOKUS, 1(2), 109–115.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1), 116–137.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. 5, 1–19.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI GAYA KELA IV DI SDN SUKOIBER 1 JOMBANG. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.11

Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Nurwahidah, C. D., Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 118–139. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Pelawi, J. T., Idris, & Is, M. F. (2021). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini (Dibawah Umur). Jurnal Education and Development, 9(2), 562–566. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2792/1782

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925

Siregar, J. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Bagi Siswa Kelas IV di SDN 187/IV Kota Jambi. JDP, 8(2), 93–101.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. In Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Supryadi, E., Jampel, I. nyoman, & Riastini, N. (2013). PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI APLIKASI PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, 1(1), 1–10.

Suryani, E., Ws, R., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 100–108. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7229

Susilawati, R., Rosnita, & Kresnadi, H. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN DI SEKOLAH DASAR. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 1–9. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i1.3

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 229–234. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala

Yuniarti, Syamsiati, & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 4(7), 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.