Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa

Melinda Putri Kharismawati, Tri Wahyuni Chasanatun, Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa berdampak pada kemampuan memahami teks bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan pada pendekatan whole language terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan nonequivalent control group design merupakan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa dari kelas 3A dan 3B. Dalam penelitian ini menggunakan salah satunya berupa instrumen tes pilihan ganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobablility sampling dengan purposive sampling. Hasil pada kemampuan membaca pemahaman siswa dengan pendekatan whole language lebih tinggi yaitu 60% dibandingkan dengan kemampuan membaca pemahaman dengan pembelajaran konvensional yaitu 29%. Data tersebut dapat dilihat dari nilai posttest kedua kelompok, berdasarkan hasil hitung uji t diperoleh t hitung (7,525) > t tabel (2,006) artinya pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

Keywords


Whole Language, Kemampuan Membaca, Pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References


Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83.

Ardini, P. P., & Idris, Y. E. (2019). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Whole Language Tipe Reading Aloud Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 9 TILONGKABILA KABUPATEN BONE BOLANGO. The International Conference of Master Program of Primary School Education : Curriculum for Children Viewed from The Europe and Asia, 9–17.

Bahri, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD 27 Pundingin Kecamatan BIssappu Kabupaten Bantaeng.

Halawa Noibe , Ramadhan Syahrul, G. E. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786

Ibadullah Malawi. (2019). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) (1st ed.). CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Kusumawati, E. (2021). Pemahaman Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Whole Language Di Kelas Iv a Sd Negeri Sukatani Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2020-2021. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–15.

Maria Goreti usboko. (2018). Penerapan Metode Whole Language Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonsastra Pada Siswa kelas VI SD Negeri 02 Wonosari Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun pelajaran 2016/ 2017”. Indonesian Journal on Education and Research, 3(1), 1–6.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. Ittihad, 1(2), 185–195.

Nisa’ Khoirun. (2020). Peningkatan Keterampilan dan Pemahaman Membaca Melalui Pendekatan Whole Language Aproach dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi di Kelas IV MI Adipura Surabaya. 1–91.

Priyanto Sigit, Mudzanatun, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Whole Language di Kelas 2 SDN Karangasem 01 Batang. Seminar Nasional Pendidikan, 1235–1243.

Putri, D. L. (2019). Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung.

Rahmawati, Y. I., Nurlianharkah, R., Hasanudin, C., Fadiillah, M. (2021). Aktualisasi Whole Language Sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 49–60.

Riyadi, Annisa Azhar., Nuryani Pupun., H. T. (2019). Penerapan Strategi SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 185–194.

Sari, A. M., Kristanti, D., & Nurjannah. (2020). Penerapan Pendekatan Whole Languange Untuk Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri Peureumeue. Bina Gogik, 7(2), 24–33. Retrieved from https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/527/468

Viora, D., Wahyuningsi, E., Surya, Y. F., & Marta, R. (2021). Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 5, 9379–9386.

Yunita. (2017). Pengaruh pendekatan whole language berbasis lingkungan terhadap keterampilan menulis siswa di sd muhammadiyah perumnas kecamatan rappocini kota makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.