Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD

Melya Wahyu Handayani, Hartini Hartini, Ivayuni Listiani

Abstract


Kegiatan pembelajaran di SDN 01 Manisrejo setelah peralihan pembelajaran daring ke PTM 100% masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran accelerated learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V di SDN 01 Manisrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Nonequivalent Control Group Design dengan jenis quasi-eksperiment. Populasi penelitian seluruh siswa SDN 01 Manisrejo sebanyak 326 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan siswa kelas V sebanyak 52 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda sebanyak 20 butir. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran accelerated learning efektif terhadap hasil belajar tematik siswa. Dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis t hitung 2,739 ≥ t tabel 2.008 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga diketahui bahwa model pembelajaran accelerated learning efektif terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Diketahui N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,60 terletak di antara 0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan persentase keefektifan 60%, maka dapat diketahui bahwa model pembelajaran accelerated learning cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Keywords


Model Pembelajaran Accelerated Learning; Hasil Belajar; Tematik

Full Text:

PDF

References


Aini, S. (2019). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Penerapan Metode Accelerated Learning Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 1–119.

Anggraini, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning (AL) Berbasis Concept Mapping (Peta Konsep) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN IV Koto Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, i–75.

Cahyani, P. D. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Accelerated Learning Dengan Type MASTER Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi, i–67.

Damayanti, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Banarjoyo. i–70.

Nasution, W. S. L. (2022). Perbandingan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Accelerated Learning Pada Materi Integral di MAN 4 Martubung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–11.

Nawangsari, D. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Ecoprint Terhadap Hasil Belajar IPA Materi BAgian, Bentuk, dan Fungsi Daun Siswa Kelas 4 SDN 1 Ngetal. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(10), 3529–3541. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44075

Ramlan, S. (2022). Pengaruh Strategi Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Kepulauan Aru. Skripsi, i–213.

Sa’adah, H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran ALC (Accelerated Learning Cycle) Berbantu Macro-Enabled Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII MTS Miftahul Huda Tayu. Skripsi, i–104.

Sari, I. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Chilidren Learning In Science) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IVV Sekolah Dasar Negeri 79 Bengkulu Tengah. Skripsi, i–85.

Silvermen, Syahril, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 52–59. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31350

Tifani, R. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Accelerated Learning. Skripsi, 15–47.

Utami, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Skripsi, i–116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.