PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Lia Nur Rahmawati, Khayati Rahayu, Aulia Rizky Amanda, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Matematika.  Dengan menggunakan sampel siswa kelas 3 di SD Negeri Bandongan 3 pada mata pelajaran Matematika, peneliti menggunakan dua siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal.  Data siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan rata-rata nilai siswa yaitu 57,5 (5750%) dan 73,2 (7320%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa bila dibandingkan antara rata-rata yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu sebesar 1,570%. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar;Problem Based Learning;Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Hasriyani, A., Baharullah, & S, A. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Dengan Model Project Based Learning ( PBL ) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa A . PENDAHULUA. 6(2), 1173–1184.

Kasyadi, Y., Kresnadi, H., & Sugiyono. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 3.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. 4(1).

Nur yudha, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2. Jurnal Handayani, 7(2), 149–159.

Surtikawati, E., Desstya, A., & Fathoni, A. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS VI SD N 2 GIRIMARTO. 6, 76–91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.