PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN
Abstract
Banyuurip Tegalrejo dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan oleh peniliti adalah Penilitian
Tindakan Kelas (PTK). Instrument yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Tempat penelitian di Desa Banyuurip Tegalrejo. Subjekpenelitian adalah 10 siswa kelas 5.
BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandariPenilaianTindakanKelas(PTK)dapat
disimpulkan bahwa pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang baik. Adapun hasilnya dari data
awal siswa belum mencukupi jumlah rata-rata, pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak
40% dengan rata-rata 72,5 dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 90% dengan rata-
rata 87, sehingga peningkatan siswa yang mencapai KKM sebanyak 50%. Dari hasil tersebut
menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam penelitian ini sangat berpengaruh
terhadap peningkatan hasil belajar IPA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. 180 Computer
Physics Communications MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.
Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. 2019. CV Kaaffah Learning Center BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.
Farias, R. L.S., Rudnei O. Ramos, and L. A. da Silva. 2009. 180 Computer Physics
Communications Numerical Solutions for Non-Markovian Stochastic Equations of
Motion.
Inovasi, Jurnal, Pendidikan Bahasa, and Sastra Vol. 2021. “LANGUAGE : Jurnal Inovasi
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Vol 1. No 1. Agustus 2021 43.” 1(1): 43–50.
Khalida, B.R & Astawan, I.G. 2021. “Penerapan Metode Eksperimen Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi
Guru 4(2): 182–89.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/35552.
Kumala, Farida Nur. 2016. 8 Journal of Chemical Information and Modeling
PembelajaranIPA Sekolah Dasar.
Lestari, Siti Nur Azizah Puji Ayu, Asep Kurnia Jayadinata, and Ani Nur Aeni. 2017.
“MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SIFAT-
SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI.” Jurnal Pena Ilmiah 2(1): 621–
Mulyani. 2015. “PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR TENTANG RANGKAIAN LISTRIK SERI DAN PARALEL PELAJARAN
IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 KARANGGANDU KECAMATAN
WATULIMO. KABUPATEN TRENGGALEK.” Jurnal Pendidikan Profesional 4(3): 45–
Purba, Leony Sanga Lamsari, St Fatimah Azzahra, and Orde Baru. 2021.
“Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Metode Eksperimen.” Chemistry
Education Practice 4(3): 231–36.
Rahman, Sunarti. 2021. “PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN
DASAR: 289–302.
Rosidah, Cholifah Tur. 2020. “Jurnal Basicedu.” Jurnal basicedu 4(1): 30–35.
Sardinah, Humaira. 2015. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Kerangka Manusia Melalui Media Kerangka Manusia Dan Media Gambar Siswa
Kelas Iv Sdn Lampeuneurut Aceh Besar.” Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar
dan Humaniora)3(3): 60–72.
Souisa, Haryo Franky. 2021. “Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD YPK
KlawanaDistrik Klamono Kabupaten Sorong.” Soscied 4(2).
Suryani, Suryani. 2018. “Penerapan Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Universitas
Batanghari Jambi 18(3): 529.
Wandini, Rora Rizy dkk. 2017. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Al-Irsyad
(2): 79.
Refbacks
- There are currently no refbacks.