PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR
Abstract
untuk kelas 4 Sekolah Dasar dimulai dengan tahap analisis. Berdasarkan hasil analisis dinyatakan
bahwa terdapat permasalahan berupa kurangnya pemahaman siswa pada materi Tema 8 Subtema 1
sehingga proses pembelajaran memerlukan inovasi khususnya pada media pembelajaran. Maka,
diperlukan suatu pengembangan media pembelajaran berupa pengembangan media interaktif yang
dapat membantu siswa memahami materi khususnya. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan
untuk menghasilkan produk berupa media interaktif berbasisarticultae storylinepada pembelajaran
tematik di kelas 4 Sekolah Dasar yang teruji kelayakannya dari para ahli dan praktisi serta
kepraktisannya dari respon guru dan peserta didik terhadap media interaktif. Model yang digunakan
dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE (analyze, design,
development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi.Hasil validasi pengembangan media interaktif berbasis
articulate storylinedari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan praktisi lapangan diperoleh skor
keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria”sangat valid”. Sedangkan hasil uji coba media interaktif
terhadap guru mendapat skor 78% dengan kriteria”menarik” dan hasil uji coba terhadap peserta
didik mendapat skor 98% dengan kriteria” sangat menarik”. Jadimedia interaktif berbasis articulate
storylinepadapembelajarantematikdinyatakanlayakdanpraktisuntukdigunakandalam
pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar,S.(2017).Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung:PT Remaja
Rosdakarya Offset
Alshareef, F. (2018). The Importance of Using Mobile Learning in Supporting
Teaching and Learning of English Laguage in the Secondary Stage. Journal of
Education. 9(15);71-88.
Amiroh.(2020).Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta:
Pustaka Ananda Srva.
Ardika,T.(2018).Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis
Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri.(Doctoral Dissertation, UIN Raden
Intan Lampung,2018).Diakes dari
http://repository.radenintan.ac.id/5374/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media Pembelajaran
Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21
Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah
Ibtidaiyah. 4(2);193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Ayu Ketut Sinta, N., Gede Astawan, I., & Made Suarjana, I. (2021). Belajar Subtema 3
Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Articulate Storyline 3. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9(2);211–219.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa:
Islamic Education Journal, 3(1);35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dharma, E., Betty Sihombing & Sherly (2020). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN
LITERATUR. Konferensi Nasional Pendidikan 1
Friantona Nasution, M., & Darwis, U. ((2022). Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV SD
Negeri 068070 Medan Denai. Edu Global: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1);45-54.
Herawati.(2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber
Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1);28-36
Hidayah, Nurul.(2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 2(1);34-49.
Kadir, Abdul & Hanun Asrohah.(2015).Pembelajaran Tematik .Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Karo-Karo, Isyan Rasyid & Rohani.(2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran.
AXIOM. 1(1);91-96.
Komang, I., Karisma, E., Gede Margunayasa, I., Amita, P., & Prasasti, T. (2020). Media
Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI
Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2);121–130.
Mulyatiningsih,Endang.(2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-
mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.
Rohmanurmerta, Fauzatul Ma’rufah & Candra Dewi.(2019).Pengembangan Komik
Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran
Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar.MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman.
(2);100-109.
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA
Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2);237–
https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate
Storyline Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel.
Jurnal Ilmiah Pendidikan. 5(1);19–25.
http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal
Tegeh I M & Kirna I M.Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan
Dengan ADDIE Model. 12-26 ; 1829-5282.
UUD RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat
Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Widoyoko,E.(2020).Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar di SMK
Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(3);845-849.
Zakariah,M.A & Vivi Afriani.(2020).Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif,
Action Research, Research and Development. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al
Mawwadah Warahmah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.