Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Amanda Putri Nilasari, Ibadullah Malawi, Sri Lestari

Abstract


Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankesulitanbelajarmatematikadalam
menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK di kelas IV dan mendeskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK di kelas
IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada peneltian adalah guru
kelas IV serta 9 siswa kelas IV di SDN Patalan 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksankana dengan tahapan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV mengalami
kesulitanbelajarmatematikadalammenyelesaikansoalcerita.Kesulitanbelajarmatematika
menyelesaikan soal cerita yang terjadi di kelas IV meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan
berhitung, kesulitan dalam memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika
berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini berasal dari diri siswa, seperti sikap
siswa dalam belajar, motivasi belajar, konsentrasi belajar. Faktor eksternal ini disebabkan oleh faktor dari
luar diri siswa, meliputi variasi guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, sarana prasarana
sekolah, dan lingkungan sekolah dan keluarga. Penelitian ini mengungkapkan adanya kesulitan belajar
matematika dalam menyelesaikan soal cerita yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi
kesulitan tersebut.

Keywords


Kesulitan, belajar, Soal Cerita

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Unaenah, E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada

Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48.

https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48.

Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM

| Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118.

https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713.

Apryanti, H., Isamil, F., & Firtianti, Y. (2015). Penerapan Teknik Pemecahan

Masalah Model Polya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita

Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 46 Palembang. Jurnal Pendidikan

Matematika RAFA, 1(2), 224–243.

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1232.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal

Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1.

https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U.

M. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR

SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA. 4(1).

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika

Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Handayani Z, K. (2017). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan

Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Semnastika Unimed, 325–330.

http://digilib.unimed.ac.id/26892/2/Fulltext.pdf%0A.

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman

Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1),

https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403.

Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal

Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa

Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten

Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.

https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14.

Mahdi, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dengan

Diterapkannya Pembelajaran Daring. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China

Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.

http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.

ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024.

Masroza, F. (2013). Prevalensi anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se

Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 215–227.

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal

Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384.

Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika

Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica : Jurnal Pendidikan

Matematika, 11(02), 9–17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi

Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif :

Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312.

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap

Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal

Pendidikan Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02

Sari, Y. L., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar

Pemecahan Masalah Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV SD. Konstruksi

Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.

http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.

ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024.

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar,

S., Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar

(SD). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 156–158.

https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1

Sulfemi, W. B., & Desmiati, Z. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics

Project Berbantu Media Relief Experience dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Pendas Mahakam, 3(3), 232–245.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar

Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. 3(4), 534–540.

Wahidmurni. (2015). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 5(December), 118–

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas

V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran

/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24.

https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2),

–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.