Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK di kelas IV dan mendeskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK di kelas
IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada peneltian adalah guru
kelas IV serta 9 siswa kelas IV di SDN Patalan 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksankana dengan tahapan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV mengalami
kesulitanbelajarmatematikadalammenyelesaikansoalcerita.Kesulitanbelajarmatematika
menyelesaikan soal cerita yang terjadi di kelas IV meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan
berhitung, kesulitan dalam memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika
berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini berasal dari diri siswa, seperti sikap
siswa dalam belajar, motivasi belajar, konsentrasi belajar. Faktor eksternal ini disebabkan oleh faktor dari
luar diri siswa, meliputi variasi guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, sarana prasarana
sekolah, dan lingkungan sekolah dan keluarga. Penelitian ini mengungkapkan adanya kesulitan belajar
matematika dalam menyelesaikan soal cerita yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi
kesulitan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N., & Unaenah, E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada
Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48.
https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48.
Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM
| Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118.
https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713.
Apryanti, H., Isamil, F., & Firtianti, Y. (2015). Penerapan Teknik Pemecahan
Masalah Model Polya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita
Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 46 Palembang. Jurnal Pendidikan
Matematika RAFA, 1(2), 224–243.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1232.
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal
Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1.
https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U.
M. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR
SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA. 4(1).
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika
Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal
Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.
Handayani Z, K. (2017). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan
Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Semnastika Unimed, 325–330.
http://digilib.unimed.ac.id/26892/2/Fulltext.pdf%0A.
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman
Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1),
https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403.
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal
Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa
Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten
Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.
https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14.
Mahdi, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dengan
Diterapkannya Pembelajaran Daring. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China
Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.
http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.
ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024.
Masroza, F. (2013). Prevalensi anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se
Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 215–227.
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal
Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384.
Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika
Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica : Jurnal Pendidikan
Matematika, 11(02), 9–17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091.
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi
Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif :
Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886.
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap
Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal
Pendidikan Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02
Sari, Y. L., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar
Pemecahan Masalah Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV SD. Konstruksi
Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.
http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.
ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024.
Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar,
S., Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar
(SD). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 156–158.
https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1
Sulfemi, W. B., & Desmiati, Z. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics
Project Berbantu Media Relief Experience dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Pendas Mahakam, 3(3), 232–245.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar
Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. 3(4), 534–540.
Wahidmurni. (2015). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 5(December), 118–
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas
V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran
/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24.
https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2),
–10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.