Penerapan media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I sekolah dasar
Abstract
melalui mediaaudiovisualdi kelas I SDN 3 Trisono Babadan Kota Ponorogo. Jenis Penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dari tahap pra siklus, siklus I, hingga siklus
II.Penelitian ini menggunakan subjek berjumlah 10 anak, yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 6
anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis
data kualitatif dan teknik analisis data kuantitaif. Indikator keberhasilan yang harus dicapai siswa
adalah 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan di kelas I
SDN 3 Trisono melalui mediaaudiovisualdapat meningkat. Pada tahap prasiklus rata-rata siswa
59%, naik pada siklus I menjadi 69%, dan hingga siklus II naik menjadi 83%. Media yang digunakan
pada penelitian ini yaitu media berupa video yang menampilkan gambar dan suara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
judul penelitian Penerapan “Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca
Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar” di SDN 3 Trisono Babadan Ponorogo penulis
mengemukakan saran sebagai berikut :
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sekiranya dapat terus diterapkan dengan tujuan
untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa agar lebih maksimal.
Kepada wali kelas I SDN 3 Trisono, kiranya menggunakan media yang menarik dan
bervariasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa, selain
itu dengan media yang menarik siswa akan fokus pada pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. PT Grasindo.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi
Aksara. Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Sanabil.
Sanaky, A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara.
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.
ALFABETA, cv.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan
Pengemabangannya. PT Remaja Rosdakarya.
Taboer, M. A., Rochyadi, E., Sunardi, S., & Bahrudin, B. (2020). Prediktor Kesulitan
Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik
Pendidikan, 29(2), 182–190. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p182
Tarigan Henry, G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit
Angkasa.
Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Diagnosa dan Cara
Mengatasinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.