Pengaruh Media Pembelajaran Scrapbook terhadap Pemahaman Materi Bangun Datar Kelas III di SDN 01 Manisrejo

Rizky Yugiarti, Heny Kusuma Widyaningrum, Ir. M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik mengenai
materi bangun datar dengan menggunakan media pembelajaranscrapbookdi kelas III SDN 01
Manisrejo. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Manisrejo dengan subjek penelitian peserta didik kelas
III-A berjumlah 24 dan kelas III-B berjumlah 24 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metodeQuasi Eksperimendengan desain
yang digunakan adalahNon-Equivalent Control Group Design, hal ini dikarenakan peneliti melibatkan
dua kelas dalam pengambilan sampelnya. Pada design ini peneliti menerapkanpretestdanposttest
pada dua kelompok tersebut baik yang dijadikan kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Instrumen
yangdigunakanberupatespilihanganda.Hasilpenelitianmenunjukkankelompokkontrol
memperoleh rata-rata skorpretest69,17 danposttest69,37 sedangkan kelompok eksperimen
memperoleh rata-rata skorpretest62,92 danposttest75. Dari data tersebut terdapat perbedaan rata-
rata skor sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan mediascrapbook. Selanjutnya
data diuji dengan uji normalitas yang memperoleh hasil 0,075 > 0,05 sehingga dapat disimpulan
bahwa data tersebut berdistribusi normal. Hasil dari uji homogen sebesar 0,128 > 0,05. Uji hipotesis
menunjukkan sig(2.tailed)0,041. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran
scrapbookyang digunakan berpengaruh terhadap pemahaman materi bangun datar peserta didik
kelas III di SDN 01 Manisrejo

Keywords


Media Pembelajaran, Scrapbook, Pemahaman, Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Andini, N., Aminah, M., & Handayani, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Tangram Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada

Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Widyagogik.

Arikunto, S. (2010a). Manajemen Penelitian. PT. RINEKA CIPTA.

Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (2010th ed.). PT.

RINEKA CIPTA.

Badjeber, R., & Suciati, I. (2021). Penggunaan Metode Permainan “Bingo Matematika”

Pada Materi Bangun Datar. Aksioma, 10(1), 1–11.

https://doi.org/10.22487/aksioma.v10i1.830

Damayanti, M. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil

Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar.

JPGSD, 803–812.

Fitriyanti, I. R., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2016). Luas Dan Keliling Bangun Datar

Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan

Hasil Penelitian, 2(3), 304–310.

Harahap, M., Mujib, A., & Syahri Nasution, A. (2022). Pengembangan Media Uno Math

untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. Jurnal Penelitian AfoSJ-LAS,

(1), 209–217.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1),

https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Payuk, R. (2019). Pengembangan Media Scrapbook sebagai Media Pembelajaran

Picture and Picture pada Materi Plantae untuk Kelas X SMA. Skripsi, 3, 1–9.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Susanti, A. L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook dalam

Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi, 1(1).

Veronica, I., Subekti, E. E., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran

Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Kelas I Sd N Taman Sari 01 Pati. Jurnal Sinektik,

(1), 26. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2986


Refbacks

  • There are currently no refbacks.