Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Lambang Pancasila Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Dhimas Aji Pambudi, Ibadullah Malawi, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif powerpoint fun game materi lambang pancasila pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas 3 SDN 04 Madiun Lor. Jenis penelitian ini merupakan pengembangan, pengembangan produk dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis–Design-Development–implementation-Evaluation). Sumber data diperoleh melalui data yang telah dikumpulkan peneliti menggunakan angket validasi media dan angket respon siswa yang kemudian diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk memvalidasi media kemudian diujicobakan kepada siswa kelas III SDN 04 Madiun Lor untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa multimedia interaktif powerpoint fun game yang dikembangkan memenuhi syarat sesuai dengan langkah-langkah pengembangan. Hasil validasi materi dan hasil validasi media ditunjukkan dengan presentase masing-masing 97% dan 98%. Pada uji coba yang dilakukan untuk mengetahui respon siswa menunjukan hasil presentase nilai sebesar 94%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka multimedia interaktif powerpoint fun game sangat layak digunakan pada siswa kelas III.

Keywords


Pengembangan; Multimedia interaktif; Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Aprilia, S., Riyadi, A. R., & Rengganis, I. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 185-195.

Gunawan, H., & Zinnurain, Z. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 11-19.

Herijanto, B. (2012). Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPS Materi Bencana Alam. Journal of educational social studies, 1(1).

Kasman. (2020). Pengembangan Teknologi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Pendais, 2(2), 137-148.

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas Ix. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.

Kudsiyah, S. (2017). Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas VIII D SMPN 1 Jabon. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 5(01).

Paraisu, J. S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Simbol-Simbol Sila Pancasila Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(5).

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118-123.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfabeta.

Sularmi, S. H. M. (2017). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Makna Simbol-Simbol Sila Pancasila Melalui Model Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(2).

Wahyusari, R., Widyassari, A. P., & Rahayu, R. D. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mengenal Anggota Tubuh Sapi Dan Bangun Datar Pada Kelompok Bermain Al-Istighfar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 197-206.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.