Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar

Nurul Janah, Elly’s Mersina Mursidik, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Model dapat membantu siswa dalam memberikan suasana baru dalam belajar permasalahan yang ada seperti siswa mengantuk, menggunakan metode pembelajaran yang sering digunakan atau metode ceramah, tidak memanfaatkan media teknologi sesuai perkembangan zaman dan tidak memanfaatkan fasilitas ynag dimiliki oleh sekolah, maka peneliti memberikan solusi model belnded learning bantuan media audio visual. Rumusan masalah yang diajukan peneliti apakah ada penagruh model blended learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV sekolah dasar. pelaksanaan penelitian mempnyai tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model blended learning berbantuan media audo visual terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV. Penelitian ini jenis kuantitatif, menggunakan metode ekperimen desain yang digunakan adalah post test, penelitian ini menggunakan subjek kelas eksperimen kelas IVA dan kelas kontrol IVB. Penelitian menggunakan teknik penggumpulan data tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah RPP dan tes. sebelum melakukan penelitian peneliti melakukan uji isntrumen, validitas, realiabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Peneliti melakukan analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti bahwa model blended learning berbantan media audio visual terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV sekolah dasar berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar.

Keywords


Model blended learning; Media audio visual; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/ article/view/703

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Studi Tentang Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Apersepsi Pada Pembelajaran PPKN Di SMP Negeri 1 Dan SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Selayar. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Damanik, R. N. (2019). Daya Tarik Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 803–809. http://semnasfis.unimed.ac.id

Dewi, L. N. P. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Ekosistem dengan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Filmora untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 493. https://doi.org/ 10.23887/jp2.v4i2.37138

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Kurniasari, W., Murtono, & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Googl Clasroom. Jurnal Educatio, 7(1), 142. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187. https://doi.org /10.23887/ekuitas.v9i1.34186

Muhtarom. (2017). Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash Dan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Widyagogik, Vol 4(No 2), 145–154.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/ 10.17509/jpm.v2i2.8108

Setiyawan, H., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Info Artikel Abstract SejarahArtikel. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif; Kualitatif; Kombinasi dan R&D) ((2 ed)). Alfabeta.

Syahroni, I. (2021). Dampak Penghargaan Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 37–44. https://doi.org/10.21009/pip.351.4

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 1(2), 129–136.

Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Google Calassroom dan Googlemeet Terhadao Minat Belajar Matematika Diskri. 10(2), 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.