Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD

Ribka Sihaloho, Rumiris Lumban Gaol, Regina Sipayung, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa, Model penelitian ini adalah metode deskriptif yang dilaksanakan pada satu kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model Circuit Learning termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata 81,86. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung < Ltabel yaitu 0,200 > 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal. Pada pengujian korelasi, nilai koefisien sebesar 0,665 artinya rhitung ≥ rtabel 0,361. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 117851 Aek Nabara. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung adalah 4,708 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan α = 0,05. Oleh karena itu thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,708 ≥ 1,697 maka terbukti bahwa hipotesis nilai atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Circuit Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 117851 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2021/2022.


Keywords


Model Pembelajaran Circuit Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aqib dan Murtadlo. (2020). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. PT. SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA.

Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Bahtiar, A. R. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 149–158.

Djamarah. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Dwi Husadati, S. F., Purnamasari, V., & Royana, I. F. (2019). Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 3(3), 358.

Huda. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.

Kurniawati, R. (2020). Program studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah magelang 2020.

Naibaho, L., Silaban, P. J., Sinaga, R., Katolik, U., & Thomas, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Pendahuluan Metode Penelitian. 6(2), 314–319.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Nugraheni, N. F. (2016). Keefektifan Model Circuit Learning Berbantu Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal.

Pramilu, E., Purnomo, D., & Artharina, F. P. (2019). Pengaruh Motivasi Siswa Setelah Mendapat Model Circuit learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 369.

Pramita, P. A., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flip Chart terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 20–31.

Purwanto. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Romaliyana, R. Y., Putra, M., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1).

Rumiris, A. (2020). Pengaruh Model AIR Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ogan Gerak Hewan Dan Manusia Di Kelas V SD Negeri 097795. 4(4), 25–32.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran. KENCANA.

Shoimin. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. AR.Ruzz Media.

Sihombing, S., & Tanjung. (2021). Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun Saurma Sihombing , Regina Sipayung , Darinda Sofia Tanjung. 10(4).

Sipayung, P. R., dyan, Sipayung, R., & Tanjung, D. S. T. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sdn 094097 Simpang Pongkalan Tongah Kabupaten Simalungun Priskila R Sipayung , Regina Sipayung , Dyan W . S HS , Darinda Sofia Tanjung PENDAHULUAN Pendidikan dibutuhka. 11(2), 117–123.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Susanto. (2013). Teori Belajar Pembelajaran. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.