Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang T.A 2021/2022”. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan pada penelitian ini dilakukan secara acak. Berasarkan populasi penelitian ini, maka jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil nilai terendah pre test 28 dan nilai tertinggi sebesar 88. Nilai rata-rata PreTest 53,73 berada dengan kategori kurang. Nilai rata-rata Post Test 80 berada dengan kategori baik sekali. Nilai rata rata angket siswa yaitu sebesar 54,5. Nilai angket siswa terendah sebesar 50 dan nilai angket siswa tertinggi sebesar 58. Dengan persentase tertinggi sebesar 30% dan persentase terendah sebesar 7%. Dari hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa r hitung > r tabel dengan hasil rhitung > rtabel dengan hasil 0,407 > 0,361 dengan t hitung > t tabel dimana 2,361 > 1,697. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang kubus dan balok di SD Negeri 065011 Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Keywords
References
Aqib dan Murtadlo. (2020). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Dyan Wulan Sari HS, Agus Kristian (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa,7(2), 174-188
Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Hamalik. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.
Jihad dan Haris. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.
Khairani, I., & Safitri, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha Dan Energi Di Man Rukoh Banda Aceh.
Mardianis, M. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Vi Sd Negeri 020 Tembilahan Hilir.
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar. Journal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Permana, E. P. (2015). Penerapan Metode Problem Solving Dengan Media Grafis Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1), 25–36.
Pitoyo, A. (2018). Program studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan ilmu pendidikan universitas nusantara pgri kediri tahun 2018. 01(08).
Purwanto. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Sanjaya, N. M. W. S. (2018). Pengaruh Metode Problem Solving dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Analisis Siswa. I
Shoimin. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. AR.Ruzz Media.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.