Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD

Nurmala Sari Br. Sembiring, Rumiris Lumban Gaol, Anton Sitepu, Patri Janson Silaban

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran, hasil penerapan model pembelajaran, dan pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV B semester II berjumlah 30 orang. Teknik dan alat pengumpulan data adalah Observasi, Tes, Dokumentasi, dan Angket. Teknik pengolahan analisis data dengan menggunakan uji koefisien korelasi dan Uji Hipotesis. Hasil nilai rata-rata Pretest 56,8 berada dengan kategori kurang. Nilai rata-rata Posttest 80,26 berada dengan kategori baik sekali. Nilai rata-rata angket siswa yaitu sebesar 54,3. Nilai angket siswa terendah sebesar 47 dan nilai angket siswa tertinggi sebesar 58. Dengan persentase tertinggi sebesar 33% dan persentase terendah sebesar 7%. Dari hasil uji korelasi sebesar 0,400 artinya rhitung> rtabel yaitu 0,400 > 0,361 dengan thitung > ttabel dimana 2,309 > 1,697. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata materi luas bangun datar di SDN 065011 Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2021/2022.


Keywords


Pembelajaran Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Afiatin, N. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9.

Anugraheni, J. dan I. (2019). Meta Analysis Model …. 6948, 21–27.

Arikunto, S. (2013). No Title. PT Rineka Cipta.

Asep Jihad, & A. H. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Bahtiar, A. R. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368

Batubara, R., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2021). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 5 Nomor 6 November 2021 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS V SD THE INFLUENCE OF PROB. 5(November), 1626–1637.

Bhoke, W. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 2, 70–75.

David Umbu Riada, Roswita Lioba Nahak, F. S. T. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MANIK MANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDK MUDER TERESA KOTA KUPANG Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Citra Bangsa Kupang PENDAHULUAN Peningkatan kuali. 2(1), 139–149.

Dewi, V. S., Ariani, Y., Padang, U. N., Padang, K., Effect, T., The, O., Based, P., Model, L., The, O., Outcomes, L., Fpb, O., & In, K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK Dikelas IV SD. 8.

H Makmun Khairani. (2014). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015). RAGAM PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU (Adi Jay (ed.)). Kata Pena.

Kita, J. G. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Gugus Gunandar. 2(September), 49–56.

Kristin, F. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, April 2016 ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN. 2(April).

Lubis, E. A. (2015). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. PERDANA PUBLISHING.

Nugraheni, E. S. (2018). Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem basedlearning dan project based learning terhadap hasilbelajar matematika siswa kelas 4 sd gugus gunandar.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rumiris, A. (2020). Pengaruh Model AIR Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ogan Gerak Hewan Dan Manusia Di Kelas V SD Negeri 097795. 4(4), 25–32.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.; Suwito, ed.). Kencana.

Shoimin, A. (2019). 68 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM KURIKULUM 2013. AR-RUZZ MEDIA.

Sipayung, P. R., dyan, Sipayung, R., & Tanjung, D. S. T. (2021). PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 094097 SIMPANG PONGKALAN TONGAH KABUPATEN SIMALUNGUN Priskila R Sipayung , Regina Sipayung , Dyan W . S HS , Darinda Sofia Tanjung PENDAHULUAN Pendidikan dibutuhka. 11(2), 117–123.

Slameto. (2016). BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. RINEKA CIPTA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpian. Jurna Juril AMIK MBP, 4(1), 68–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.