Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Kartu Kata

Herliaty Sigalingging, Patri Janson Janson Silaban, Juliana Juliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan media kartu kata dalam keterampilan membaca, peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media kartu kata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran yang merupakan gabungan dari pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 1 SD Negeri 102081 Mangga Dua Kecamatan Bandar Khalifah. Tahun pembelajaran 2021/2022. Tehnik dan Alat Pengumpulan Data adalah Lembar Observasi Kegiatan Guru, Lembar Observasi Siswa, dan Tes.  Indikator Kinerja Penelitian meliputi keberhasilan kualitas proses pembelajaran minimal “baik” dan keberhasilan hasil belajar secara klasikal minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan. Berdasarkan pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata keterampilan membaca siswa sebesar 55% dengan kategori rendah, pada siklus I nilai keterampilan membaca siswa naik menjadi 55% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81% dengan kategori baik sudah memenuhi KKM. Dengan demikian bahwa dengan pembelajaran membaca permulaan dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 102081 Mangga Dua Bandar Khalifah.


Keywords


Keterampilan Membaca; Media Kartu Kata

Full Text:

PDF

References


Anda, J. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu (Farihin (ed.)).

Anggelia, U. F. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas I Sekolah Dasar. 14.

Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Asrori Mohammad. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. CV Wacana Prima.

Dahliana, D., & Remuti, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Model Cooperative Script di Kelas IV Sekolah Dasar. ZAHRA: Research and Taught Elementary School of Islam Journal, 2(1), 24–35. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.186

Dalman H. (2017). Keterampilan Membaca. Raja Grafindo Persada, jakarta.

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(4), 1032–1035.

H, D. (2017). Keterampilan Membaca. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Henry, T. G. (2015). Membaca. CV Angkasa.

Jihad, A., & Haris, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Lumban Gaol Rumiris, dkk. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. 3, 348.

Mariati. (2018). No Title Meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 1 A SDN 01 taman kota. 68.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil.

Muanmar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil.

Muhammad, H. (2021). Media Pembelajaran. Tahta media group.

Nasional, D. P. (2020). Pembelajaran Membaca.

Nunuk, S. (2020). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembvangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Raden, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I-C UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan Tahun Pembelajaran 2019-2020. 26.

Suharsimi, A. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, jakarta.

Sukiman. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo persada jakarta.

Suryani, N. dkk. (2020). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosda Karya.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga.

Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.