Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Swasta Ar-Ridha. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada nilai pra-test siswa yang tuntas hanya 8 atau 26,67% sedangkan siswa yang tidak tuntas 22 atau 73,33%. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 16 siswa atau 53,33% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 14 atau 46,67% dengan nilai rata-rata 60,4%. Pada siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 25 atau 83,33% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa atau 16,67% dengan nilai rata-rata 80,57%. Selanjutnya kegiatan guru pada observasi siklus I memperoleh rata-rata sebesar 52% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84%. Sedangkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I memperoleh dengan nilai 50 dengan kriteria cukup dan pada siklus II mengalamai peningkatan dengan nilai 86 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada hasil belajar melalui Pendidikan Matematika Realistik Kelas V SD Swasta Ar-Ridha Jl. Karet Raya N0. 68 A Medan Tahun Ajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. (2013). PENGEMBANGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 (M. Jauhar (ed.)). PRESTASI PUSTAKA. redaksi@prestasiputakakarya.com
Anzelina, D., & TAMBA, I. I. N. P. (2020). Perbedaan Model pembelajaran mind mapping dengan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 068003 Medan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 249–265.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian. Rieka Cipta.
Darhima, D. (2016). Antara Realistic Mathematics Education (RME) dengan Matematika Modern (New Math). Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–5.
Dewi, N. G. A. A. M. L. (2013). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas x sma lab singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 3(1), 1–10.
Djmarah, S. B. (2018). Psikologi belajar (ke-3). PT RINEKA CIPTA.
Febriyanti, C. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1).
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 215–219.
Hs, D. W. S., & Kistian, A. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174–188.
Khairani, M. (2017). PSIKOLOGI BELAJAR (pp. 3–16). Aswaja Pressindo. www.aswajapressindo.co.id
Lestari, D. (2019). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). PT. Refika Aditama.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 27–31. http://ejournal.unp.ac.id/index
Mustamin, H. (2017). PEMELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK. 20, 9.
PRATIWI, E. (2019). PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTS AISYIYAH PALEMBANG. UIN Raden Fatah Palembang.
Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 298.
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238.
Robinson, D. W. (1990). An attributional analysis of student demoralization in physical education settings. Quest, 42(1), 27–39.
Setiawati, S. (2018). TELAAH TEORITIS: APA ITU BELAJAR? HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46.
Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013 (KR Rose (ed.); 2019th ed.). AR-RUZZ MEDIA.
Silaban, P. J., & Manullang, M. (2020). Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas iv sd negeri 060914 kec. Medan sunggal tahun pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 110–129.
Simarmata, E. J. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Kelas VC MIN Medan Barat. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 4(2).
Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi belajar (ke-5). PT RINEKA CIPTA.
Sofiawati, E. (2011). PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (pp. 79–85).
Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Saat Suryadi (ed.)). Erlangga.
Tatawati, H., Kusuma, A. P., & Arifannisa, A. (2019). Upaya Me. Trinova, Z. (2012). HAKIKAT BELAJAR DAN BERMAIN MEningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bentuk Aljabar melalui Metode Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–6.
NYENANGKAN BAGI PESERTA DIDIK. Al-Ta’Lim, 209–215.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.