Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas V SD

Dame Mairo Butar-Butar, Dewi Anzelina, Bogor Lumban Raja, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil Prates (tes awal) yang mendapat nilai tuntas 6 siswa tuntas (30 %) sedangkan 14 siswa (70 %) yang mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata - rata hasil belajar siswa 66,45. Pada postes siklus I meningkat menjadi 8 siswa (40 %) yang tuntas sedangkan 12 siswa (60 %) yang tidak tuntas dengan rata - rata hasil belajar 70,8. Pada postes siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 17 siswa (85 %) yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas (15%) mendapatkan nilai tidak tuntas, dengan rata - rata hasil belajar siswa 85,85. Selanjutnya hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata - rata 53 % (Baik) dan observasi terhadap kegiatan siswa 58 (Cukup Baik). Pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 81 % (Sangat Baik) dan hasil observasi terhadap kegiatan siswa juga meningkat menjadi 86 (Sangat Baik). Dengan demikian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SD Negeri 060934 Luku II Kwala Bekala Tahun Pembelajaran 2021/2022.


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Inkuiri

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2011). Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas (ke-1). Alfabeta,cv.

Anzelina. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas Iv Sd Swasta …. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 752–761. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39414

Aqib. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (ke-1). CV. Yrama Widya.

Arikunto Suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian (PT RINEKA CIPTA (Ed.)).

Aunurrahman. (2019). Belajar & Pembelajaran ((Ke-11) Ja). Alfabeta.

Azizah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 106. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5358

Dimyati & Mudjiono. (2019). Belajar Dan Pembelajaran ((Ke-6) Des). Rineka Cipta.

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(4), 1032–1035.

Hamalik Oemar. (2020). Proses Belajar Mengajar (Ke-1). Bumi Aksara.

Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, M., Telaumbanua, T., Marsa, L. D., Selatan, N., & Sitoli, G. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Model. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–14.

Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif ((Ke-3) Okt). Media Persada.

Istirani & Pulungan. (2020). Ensiklopedia Pendidikan Jilid I ((ke-2) Feb). Larispa.

Jihad, & Haris Abdul. (2020). Evaluasi Pembelajaran (ke-3). Multi Pressindo.

Juanda Anda. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu (Farihin (Ed.); ke-1). CV.Confident.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Keywords : Learning Outcomes , Snowball Throwing ABSTRAK. (2020). 10(1).

Kurniasih & Sani. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran ((Ke-4) 201). Kata Pena.

Kusumawati, H. (2013). Lingkungan Sahabat Kita Tema 8 Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikandan Kebudayaan. https://bsd. pendidikan. id/data/2013/ kelas_5sd/guru/Kelas_05_SD_Tematik_8_Lingkungan_Sahabat_Kita_Guru_2017.pdf

Lubis Aswita Effi. (2015). Strategi Belajar Mengajar ((Ke-1) Sep). Perdana Publishing.

Majid Abdul. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Kuswandi (Ed.); ke-1). PT Remaja Rosdakarya.

Naibaho, L., Silaban, J., & Sinaga, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Iv Sds Budi Luhur. Fkip Unma, 6(2), 314–319. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.452

Negeri, S. D., Lor, C., Abstrak, S., Dasar, S., & Kunci, K. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1).

Ngalimun. (2017). Strategi Dan Model pembelajaran ((Ke-1 ) Ja). Aswaja Pressindo.

Nurdyansyah,S,Pd., M. P. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (ke-1,Mei 2). Nizamial Learning Center.

Priansa Juni Donni. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran (ke-1). CV. Pustaka Setia.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil belajar ((Ke-III)). Pustaka Belajar.

Sanjaya Wina. (2019). Penelitian Tindakan kelas (Prenadamedia Group (Ed.)).

Shoimin Aris. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif & Kurikulum2013 (Edisi 2019). Ar Ruzz Media.

Slameto. (2016). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar ((ke-6) Jan). Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.