Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Probing Prombting pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 2 Gelanglor Ponorogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran setelah melakukan penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting pada pembelajaran ekonomi Kelas V SD Negeri 2 Gelanglor. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan langkah-langkah di setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Gelanglor pada siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model probing prompting mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Gelanglor. Aktivitas kemampuan siswa mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II : kemampuan bekerjasama naik dari 58,13% menjadi 75%, kemampuan bertanya naik dari 33,33% ke 75%, kemampuan menjawab naik dari 66,67% ke91,67% dan kemampuan mengemukakan pendapat meningkat dari 33,33% menjadi 75%. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM mengalami peningkatan dari 58,33% pada siklus 1 naik menjadi 83,33% pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Fitriah, F., Rubianto, R., & Nawir, M. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MURID KELAS V. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik. Pustaka Pelajar.
Hamdani, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar-mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya. Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar.
Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Rofiqul, U. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.
Muslich, M. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: bumi aksara.
Nurhayati, E. (2020). Metodologi Riset: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D.
Rezania, V. (2018). Literature Study: Probing Prompting Model on Social Science in Elementary School. Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 10–21070.
Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Septanti Ningtyas, N., Jailani, M. D., & Husain, W. M. (2019). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit Lakeisha.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sudarmiani, S., Wahyudi, S., & Trilaksana, A. (2021). The Need Analysis of Probing Prompting in Social Studies Learning to Improve Students’ Critical Thinking Skills in the Covid-19 Pandemic. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 487–494.
Suhendra, A., & Sutiani, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting dan Direct Instruction Menggunakan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23(2), 100–106.
Susanti, E. (2017). Penerapan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematis siswa kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.