Pengaruh Hasil Belajar Membaca Pada Hasil Pembelajaran Berbasis Teknik Mind Mapping
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar membaca pada hasil pembelajaran berbasis teknik mind mapping siswa SD. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang wajib dikuasi oleh siswa. Sedangkan teknik mind mapping adalah salah satu teknik pembelajaran dengan memetakan ide atau gagasan secara kreatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto dengan meneliti kejadian yang sudah berlangsung sebelumnya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV E MIN 2 Kota Madiun yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar membaca menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa soal PAT. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk uji hipotesis dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh hasil belajar membaca siswa pada hasil pembelajaran berbasis teknik mind mapping kelas IV (sig = 0,029). 2) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan teknik mind mapping lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,62 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 77,02. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar membaca yang diperoleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.
Dewi, G. K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Persada: Kajian Ilmu Pendidikan Dasar 1(1): 11. https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/99/1/14.pdf
Farida, R. A. N., & Mulyadi, S. K. (2016). Studi Komparasi Strategi Mind Map Dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hikmawati, C. R. (2013). Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Lestari, B. D., Idris, I., & Tabroni, T. (2019). Problematika Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013 Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 26/IV Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). http://repository.uinjambi.ac.id/2961/
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51 - 71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Ratnah, R., & Suastika, I. N. (2022). Peran Pemerintah Desa Dan Pelaku Usaha Terhadap Budaya Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i1.2709
Respati, C. B., & Risminawati, M. P. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Sawahan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rochanah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Tentang Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Menerapkan Teknik Mind Mapping. Journal on Education, 4(1), 114-127. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.414
Sakti, B. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Tema Karakteristik Geografis Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 218-229. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.659
Tarigan, Hendry Guntur. (1985). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.