Kelayakan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi IPA Daur Air Kelas V SD

Bagus Prasetyo Sukmawan, Ivayuni Listiani, Maya Kartikasari

Abstract


Penelitian ini menguji tentang kelayakan media pembelajaran Augmented reality pada materi IPA daur air kelas V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan menerapkan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V/A SDN 03 Madiun Lor berjumlah 28 siswa. Pada pengumpulan data menggunakan teknik validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa. Berdasarkan hasil validasi menunjukan ahli media 100%, ahli materi 86%, ahli bahasa 80% yang dikategorikan sangat layak dan layak. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi IPA daur air kelas V sd layak digunakan di pembelajaran sekolah dasar.


Keywords


Media pembelajaran; augmented reality; IPA; ADDIE.

Full Text:

PDF

References


MARIANA, I. M. A., & PRAGINDA, W. (2009). HAKIKAT IPA DAN PENDIDIKAN IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Meikasari, D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual pada Materi Operasi Aljabar Fungsi. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.8747

Muhammad Hasan, Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tassin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Dr.Masdiana, I. M. I. P. (2021). Media Pembelajaran (Issue April). TAHTA MEDIA GROUP.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Penerbit Alfabeta.

Nurdiansyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN Inovatif. UMSIDA PRESS.

Roopa, D., Prabha, R., & Senthil, G. A. (2020). Revolutionizing education system with interactive augmented reality for quality education. Materials Today: Proceedings,

(xxxx), 3860–3863. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2021.02.294

Sartika, Y., Tambunan, T. D., & Telnoni, P. A. (2016). APLIKASI PEMBELAJARAN TATA SURYA UNTUK IPA KELAS 6 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. 2(3), 895–908.

Setyawan, B. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD. 07(01), 78–90.

Ulyawati. (2022). Digitization of Elementary School Science Learning In The Industrial. Jurnal Pendidikan, 14, 2049–2064.

https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.746

Hamzah. (2019). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN uji produk kuantitatif dan kalitatif proses dan hasil. Literasi Nusantara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.