Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pada siswa kelas IV sekolah dasar ketika siswa dijelaskan materi matematika tentang bangun datar berbasis soal HOTS siswa sudah mulai menunjukan keterampilan berpikir kritis dengan mulai aktif bertanya, menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan memiliki rasa ingin tahu bagaimana langkah-langkah untuk mengerjakan soal tes tersebut, tetapi ketika siswa dihadapkan dengan soal HOTS secara mandiri masih ada beberapa siswa merasa kesulitan untuk mengerjakan soal tersebut. Soal-soal uraian berbasis HOTS ini padahal sangat bermanfaat untuk siswa karena dapat mengasah dan melatih keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan analisis keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal-soal Hots atau Higher Order Thinking Skill, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data tambahan. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 6(1), 72–89.
Ernanda, D., & Sugiyono. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(10), 8.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Firdausi, B. W., Yermiandhoko, Y., & Surabaya, U. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 229–243.
Hasan Sazali. (2020). penelitian kualitatif.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran matematika. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 6(1), 72–89.
Ernanda, D., & Sugiyono. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(10), 8.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Firdausi, B. W., Yermiandhoko, Y., & Surabaya, U. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 229–243.
Hasan Sazali. (2020). penelitian kualitatif.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran matematika. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Refbacks
- There are currently no refbacks.