Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi yang terdiri dari media pembelajaran animasi sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri 04 Madiun Lor. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian dengan uji t. Uji statistik yang diambil adalah uji Independent sample test. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol menyatakan bahwa H0 ditolakdan Ha diterima karena nilai thitung > ttabel (6,325 > 2,024). Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 04 Madiun Lor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385
Alfajri, Oktavia, & Ayurachmawati. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Tepuk Tepung Tawar Dalam Adat Pernikahan Melayu. 1, 428431.
Haris. (2018). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Animasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Makanan Bergizi, Seimbang dan Aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahun 2017. Quality Jurnal Kesehatan, 12(1), 3842. http://ejournal.poltekkesjakarta1.ac.id/index.php/adm/article/view/28
Jafar, M. I., Sudirman, Muliadi, & Bahar. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(1), 251262.
Juliana. (2017). RAGAM HIAS OLES PERDABAITAK SUKU BATAK PAKPAK Netty. Jurnal Pendidikan Antropologi, 1(1589), 618.
Maharani, A., Rini, R., & Sugiman. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Molecules, 9(1), 113.
Novita & Novianty, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN. 3(1), 4653.
Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429439.
Rasyid, M., Azis, A., & Saleh, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 6980. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/722
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588
Winastiti, D. D., Kurniawan, E. S., & Maftukhin, A. (2012). Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Animasi Yang Diproduksi Pustekkom Pada Siswa Kelas VIII SMP Setya Budi Purworejo Tahun Pelajaran 2011 / 2012. 1(1).
Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 1524. https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583
Refbacks
- There are currently no refbacks.