Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Audio Visual

Amelia Husna, Annisa Aulia Murdaningtyas, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Kebijakan pemerintah untuk mengadakan pembelajaran online pada saat pandemic telah memunculkan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, siswa banyak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dan cenderung tidak dapat focus Ketika proses pembelajaran online berlangsung. Pada penelitian ini dilakukan penilitian dengan model PTK yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media audio-visual yaitu salah satunya youtube pada pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh pada materi Tematik Tema 6 Subtema 2 di SDN Sukorejo 3. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data evaluasi Tindakan menggunakan tes hasil belajar dan data observasi secara offline. Adapun hasil pada siklus I yaitu rata-rata 60,7 dan pada siklus II rata-rata 80,6 dimana terdapat peningkatan dari pada siklus I. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Secra keseluruhan, dari hasil PTK diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang sangat baik. Pemahaman pembelajaran siswa dalam materi toleransi terhadap teman yang berbeda agama dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran ini, hal ini karena pembelajaran dengan platform ini dianggap dapat memberikan tampilan yang lebih menarik dan tidak membosankan siswa.

Keywords


Prestasi, Siswa, Meningkatkan, Pendidikan jarak jauh, Audio-Visual (youtube)

Full Text:

PDF

References


Arham, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mutmainnah Arham. Academia Education, 1–13.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar Mirna. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–2934. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/695

Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Henri. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar Ips. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2085, 118–131.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Lessons Learned During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Lasabuda, N. E. (2017). Pengembangan Media Youtube Dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 270–275.

Lestari, R. (2013). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Septyanti, E., & Kurniawan, O. (2020). Studi Eksploratif Kebutuhan Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Menyimak pada Masa Pandemi Covid-19. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4), 365–372. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.106

Surandika, A. A. A. G. S. A. J. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An – Nizomiyah. Prosiding SEMNASLIT LPPM UMJ, 161–171. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8781

Susanti, E. T., & Amelia, M. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dimasa Pandemi Covid-19. UNINUS Journal Published, 06(02), 15–18. www.Youtube.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.