PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 04 MADIUN LOR

Yuyun Kurniawati, Suyanti Suyanti, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Agar pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan, maka perlu menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran tematik di SDN 04 Madiun Lor biasanya hanya menggunakan buku  dan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media infografis terhadap pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Madiun lor. Materi yang dipilih bertemakan peristiwa setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif  quasi exsperimen – non equivalen control group . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang meliputi siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui hasil hipotesis yang dicari. Sebelum menguji hipotesis, perlu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 86 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata 77. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media infografis terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran tematik pembelajaran menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan media infografis.

Keywords


media infografis, hasil belajar siswa, pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Kurniasih, N. (2016). Infografik. 43–60. https://doi.org/10.1007/978-3-662-53850-0_5

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahman Susetyo, H., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas Infografis Sebagai Pendukung Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Siswi Kelas 5 Sdn Kepatihan Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Art Nouveau, 4(1), 82–91. http://repository.upi.edu/8982/2/t_bp_1007201_chapt

Rusmawan. (2013). Faktor Yang Memengaruhi Kesulitan Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 2, 285–295.

Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214–235. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p214

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 163–218. http://www.erickazof.com/apa-itu-

Subijanto, Lucia H Winingsih, ., & Yendri Wirda. (2019). Pemanfaatan Penilaian Hasil Belajar Dalam Meningkatkan Mutu pembelajaran. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. In Universitas Sanata Dharma (Vol. 28, Issue 12).

Tobing, M., & Admoko, S. (2017). Pengembangan Media Infografis Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 19 Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 196–202.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77


Refbacks

  • There are currently no refbacks.