Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning( PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini merupakan eksperimen kuantitatif. Untuk desain yang digunakan merupakan quasi- experimental design dengan posttest only control group design. Ada dua kelompok penelitian yaitu, kelas kontrol hanya memakai tata cara ceramah serta kelas eksperimen memakai model PBL. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V SDN Banjarejo Madiun dengan jumlah siswanya 23. Hasil penelitian dengan memakai independent sample t- test menampilkan kalau Fhitung=16,196 menyatakan bahwa lebih besar dari Ftabel. Jadi, Ho ditolak. Oleh sebab itu, bisa disimpulkan dalam pelaksanaan model pembelajaran PBL mempengaruhi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. (2019). Problem Base Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan …, 164–173. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/download/173/118
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Teknologi Pembelajaran, 4(2), 826–838. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/503
Husen, D. N., & Suparman. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 3(2), 367–372.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Suryani, T. (2021). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) Kelas IV SD Pebayan Panggalangan Kota Padang. Ekasakti Educational Journal, 1(1), 123–133.
Agustina, M. (2019). Problem Base Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan …, 164–173. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/download/173/118
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Teknologi Pembelajaran, 4(2), 826–838. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/503
Husen, D. N., & Suparman. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 3(2), 367–372.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Suryani, T. (2021). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) Kelas IV SD Pebayan Panggalangan Kota Padang. Ekasakti Educational Journal, 1(1), 123–133.
Refbacks
- There are currently no refbacks.