Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD

Nindia Chairunisa, Tri Wahyuni Chasanatun, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengujian pretest dan posttest untuk mengetahui perbedaan pada hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan hasil rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 63,33 dan postest adalah 76,67 sedangkan pada kelas kontrol pretest diperoleh nilai rata-rata 68,21 dan postest adalah 67,14. Hasil analisis data pada uji normalitas untuk kelas eksperimen adalah 0,076 dan untuk kelas kontrol adalah 0,078 dengan signifikansi ˃0,05 sehingga data berdistribusi normal. Sedangkan hasil analisis data pada uji homogenitas menunjukkan data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis sebesar 0,03 dengan signifikansi ≤ 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendeketan Matematika Realistik (PMR) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Pendekatan Matematika Realistik (PMR); Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofyan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.

Claudia, Sofie, Yusuf Suryana, and Oyon Haki Pranata. 2020. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah Di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2): 210–21.

Fitriani, Kartika, and Maulana. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik.” Mimbar Sekolah Dasar 3(1): 40–52.

Irawan, Ari, and Chatarina Febriyanti. 2016. “EFEKTIFITAS MATHMAGIC DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(1): 85–92.

Jeheman, Adrianus Akuila, Bedilius Gunur, and Silfanus Jelatu. 2019. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2): 191–202.

Khotimah, S. H., and M. As’ad. 2020. “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar [Realistic Mathematics Education Approach to Mathematics Learning Outcomes for Elementary School Students].” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(3): 491–98.

Khotimah, Sita Husnul, and Muhammad As’ad. 2020. “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(3): 491–98.

Pangestu, Prayogo, and Apri Utami Parta Santi. 2016. “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2(2): 58–71.

Siagian, Muhammad Daut. 2016. “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 1(2): 58–67.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumianto, Sumianto. 2018. “PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V Al-Azim SDIT RAUDHATUR RAHMAH PEKANBARU.” Jurnal Basicedu 2(1): 49–56.

Sunarti, Yuyun, K.Y Margiati, and Sri Utami. 2017. “Pengaruh Penggunan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Occupational Medicine 53(4): 130.

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. 2016. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan Di Kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang.” Jurnal Bina Gogik 3(1): 35–42. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/26.

Yandiana, Sri Nola, and Yetti Ariani. 2020. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Pecahan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 2945–51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.