Penguatan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan E-Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Saputra, H. H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik : Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551.
Anggraeni, S. (2020). Penerapan Alat Evaluasi Online Quizizz Berpendekatan Stem Untuk Mengukur Keterampilan Menganalisis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 248. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Ranika Cipta.
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.
Astuti, S. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Metro. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.
Ayu, M. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN FIKIH di MAN 1 Aceh Barat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the Science of Instruction important: Fourth Edition. In Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Eshet-Alkalai, Y., & Chajut, E. (2009). Changes over time in digital literacy. Cyberpsychology and Behavior, 12(6), 713–715. https://doi.org/10.1089/cpb.2008.0264
Fitriyani, & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Riview. Jurnal DIKODA, 2(1), 13–20.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Harnani, S. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Bdkjakarta.Kemenag. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hartley, D. E. (2001). Selling E-Learning, American Society for Training and Development. https://books.google.co.id/books?id=jcnh8Vcw0-IC&lpg=PP1&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q&f=false
Hasugian, J. (2009). Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Perguruan Tinggi. Pustaka Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 34–44.
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 9–13.
Rahayu, T., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan awal literasi digital dalam pembelajaran fisika siswa SMK Kota Madiun. Seminar Nasional Quantum, 25, 431–437.
Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). PENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 212–227.
Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90–96.
Saputra, B. A., & Nurdiansyah, N. (2020). Penguatan Literasi Digital melalui Model Pengembangan Kurikulum SMA Islam Berbasis Media Digital di Era 4.0. Islamika, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.483
Sri Wahyuningsih. (2021). Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–22.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Urip, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak …, 4(1), 1–10. http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/308
Utami, D. S., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Media Belajar Literasi Digital Berbasis Game Edukasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Kelas 2 SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 218–225.
Refbacks
- There are currently no refbacks.