Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Ella Rahma Eganovita, Fida Chasanatun, Lingga Nico Pradana

Abstract


Ilmu matematika yang berperan sangat penting dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dan dibutuhkan manusia karena manfaatnya yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa dengan penerapan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika materi Volume Kubus dan Balok. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sawahan yang berjumlah 9 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes uraian untuk melihat hasil belajar siswa kelas V dan dokumentasi yang bertujuan memperoleh keterangan berupa catatan yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap pra siklus dan siklus I belum memenuhi kecakapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kemudian pada siklus II sudah mencukupi kecakapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada penelitian ini bahwa pebelajaran matematika menggunakan penerapan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa.

Keywords


Realistic Mathematic Education; RME; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme)

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia :

Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39

Anggraini, F. (2019). Penenerapan Pendekatan Rme Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sdit Raudhaturrahmah Pekanbaru. Edukatif :

Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.2

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan

Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika.

Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika

(Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Darmayanti, N. P. ., Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model

Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan

Matematika. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

Singaraja, Indonesia, 2, 228–236.

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15962

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika

Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204.

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Marhamah, M., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2014). Pengembangan Materi Ajar Pecahan

Dengan Pendekatan Pmri Di Sd Negeri 21 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika,

(2), 171–184. https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.584.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal

Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15.

https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Puspita, V. (2016). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)

Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar.

Jurnal Handayani, 5(1), 7–13.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/6351/7418

Putri, F. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Edumatica: Jurnal Pendidikan

Matematika, 3(1), 19–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.