Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Nurhidayah Febiyanti, Erika Febriyani, Puji Lestari, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas 5 di SDN Sukorejo 3. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis yang berbentuk tes pilihan ganda dengan jumlah soal 15 butir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 SDN Sukorejo 3 yang berjumlah 9 siswa, yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model NHT pada siswa kelas 5 SDN Sukorejo 3 dengan materi Sistem Peredaran Darah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar setelah siklus 2 mencapai 21. Rata-rata hasil belajar pra tindakan adalah 39, sedangkan rata-rata hasil belajar setelah siklus 1 adalah 43 dan setelah siklus 2 adalah 70. Peningkatan tersebut terjadi karena Siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran NHT. Siswa juga sudah terbiasa dan saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hasil tersebut sudah memenuhi kriteria ketetapan ketuntasan belajar yaitu minimal 65. Jadi, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Sukorejo 3.

Keywords


Hasil belajar IPA; Numbered head together

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, Iqnatia. 2018. “NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.” 2(1).

Alie, Nurhayati Husain. 2013. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMA Neg . 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang.” Jurnal Entropi VII:Vol. 7, No. 1, 583-592.

Andrini, Vera Septi, and Hendrik Pratama. 2021. “Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” 26(2):287–94.

Ani Widayati. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas.” JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN VI(1):87–93.

Dwianti, Inri Novita., Ratri ulianti dan Rekha, and Ega Trisna Rahayu. 2021. “Pengaruh Media Power Point Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7(4):295–307. doi: 10.5281/zenodo.5335922.

Elendiana, Magdalena, and Tego Prasetyo. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran NHT Dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(1):228–37. doi: 10.31949/educatio.v7i1.932.

Hamdu, G., and L. Agustina. 2011. “BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR ( Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas ...” Jurnal Penelitian Pendidikan 12(1):81–86.

Hartanti, Titin, Desi Tri Widiyanti, Safarinah, Wahyudi, and Imam Suyanto. 2012. “Penggunaan Model Numbered Heads Together (Nht) Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret 1–6.

Indriani, Fitri. 2015. “Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada.” Junal Profesi Pendidikan Dasar 2(2):87–94.

Lagur, Deutelina Setiawati, Alberta Parinters Makur, and Apolonia Hendrice Ramda. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(3):357–68. doi: 10.31980/mosharafa.v7i3.160.

Mudaatsir Asri, Muhammad, St Nursiah B, and Nurhaedah. n.d. “ANALISIS ARTIKEL TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SEKOLAH DASAR.”

Nurhayati, Hasan. 2018. “PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PUSTAKAWAN Nurhayati Ali Hasan.” Libria 10(1):95–115.

Suandewi, Komang, and I. Made Citra Wibawa. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd No. 3 Kapal.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1(1):59. doi: 10.23887/jisd.v1i1.10116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.