Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (SD)

Isnatul Ayu Pamungkas, Hartini Hartini, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan keterampilan membaca pemahaman masih tergolong rendah, khususnya pada  tingkat Sekolah Dasar (SD). Salah satu upaya atau cara yang dapat mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar (SD). Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian eksperimen yaitu posttest only control group desaign. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar (SD).

Keywords


Model Pembelajaran PQ4R, Keterampilan Membaca, Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M. S. (2021). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), 17–27. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1284

Apriyani, L., Rabani, L., & M, M. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI MELALUI STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) SISWA KELAS VB SDN 4 RANOMEETO. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, 18–25.

Asfuri, N. B., & Sasmito, L. F. (2021). Reflect , Recite Dan Review ) With Pop Up Pada Kurikulum 2013 ( PREVIEW , QUESTION , READ , REFLECT , RECITE AND REVIEW ) WITH POP UP ON THE 2013 CURRICULUM THEMATIC LESSON CLASS V SD. 6, 130–141.

Damayanti, N. (2020). PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ( STUDI LITERATUR ) Nia Damayanti Email : nia88damayanti@gmail.com Universitas Indraprasasta Jakarta. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) Http://Ejournal.Undhari.Ac.Id/Index.Php/De_journa, 1(2), 186–192.

Fadilah, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Sq3r Pada Siswa Kelas V Min 1 Pesawaran Tahun Ajaran 2016/2017. 13.

Mustajab, A., Rahmawati, P., Selestin, Y. D., & Widya, A. F. (2021). Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Model Pembelajaran PQ4R Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 194–202. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.99

Sari, N. D., Syamsuri, A. S., & Arif, T. A. (2020). Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) terhadap Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres Tetebatu Kabupaten Gowa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 16. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.11769

Sinta, Halidijah, S., & Kresnadi, H. (2019). Pengaruh Strategi Belajar Pq4R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Khatulistiwa, 8(5), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33113

Tabroni, A. F. (2017).Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri Grojogan. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1576%0Ahttp://repository.upy.ac.id/1576/1/Artikel.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.