Pengaruh Pembelajaran Resolusi Konflik dalam Menciptakan Iklim Belajar yang Berkualitas di SD Negeri Kapuhan 1

Ulya Nur Kusnaeni, Rasidi Rasidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat menciptakan iklim pembelajaran yang berkualitas.  Metode  penelitian  yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana masing- masing siklus memiliki tahapan perencanaan, tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Hasil  observasi yang didapatkan yaitu perundungan 30 %, keterlambatan membaca dan menulis 9%, sopan santun 45%, dan ketertiban siswa 37%. Berdasarkan hasil tes pada siklus 1 terdapat nilai tertinggi  93 dan nilai terendah 30. Sedangkan pada siklus II yaitu nilai  tertinggi  100  dan  nilai  terendah  50.  Maka dapat disimpulkan bahwa  dengan  media  dan  metode  yang  menyenangkan  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan terciptanya suasana kelas yang kondusif sehingga dapat dinyatakan berkualitas. Hal yang terpenting yaitu berbagai konflik yang terjadi antar siswa dapat diminimalisir.

Keywords


Iklim belajar; Media pembelajaran; Metode pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aulia Rizky, E. S. (2021). Improving the Result of Counting Ability in Third Grade Student of SDN 1 Tegalrejo Through the Media of a Counting Tree. URECOL, 882.

Drajat Edy Kurniawan, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 02, 51.

Fadhi Sidiq, H. M. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pendidikan Resolusi Konflik di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi El-Ibtida'i Sophia, 01, 2.

Hanson, E. M., 2003. Educational Administration Organizational Behavior, 5 th edition, New York: Pearson Education Inc.

Itto Nesyia Nasution, A. S. (2018). Hubungan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Abdurrab. PSYCHOPOLYTAN, 1, 100.

Jumrawarsi, N. S. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2, 51.

M. Infiolata Kamela M. Na'u, A. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS SIswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada-NTT. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5.

Muslim, A. (2014). Manajemen Konflik Interpersonal Di Sekolah. Jurnal Paedogogy, 1, 17. Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur.

ITTIHAD, 1, 186.

Sintia Marta Dewi, B. M. (2021). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Resolusi Konflik Siswa Sekolah Dasara. Jurnal Basicedu, 5, 2692.

Yusuf, M. (2021). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. OSF Preprints.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.