Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas I SDIT Cita Mulia Ajibarang Dengan Menggunakan Media Count Tree (Pohon hitung) pada Pelajaran Matematika

Hesti Maesa Kusuma, Sukma Wijayanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan media count tree. metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus memiliki tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan Refleksi. Penelitian ini melibatkan 6 siswa dan di lakukan di SDIT Cita Mulia Ajibarang. Berdasarkan Hasil tes, pada siklus 1 terdapat nilai tertinggi 95 dan nilai

terendah 75 dengan nilai rata-rata 78,3. sedangkan pada siklus II yaitu nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 90 dan rata-rata 97,5. maka dapat disimpulkan bahwa dengan media pembelajaran Count tree dapat meningkatkan hasil kemampuan anak.

Keywords


Hasil kemampuan berhitung Media Count tree; Media Count Tree; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Praktek, P. P. S. P. (2001). Rineka cipta.

Benjamin & Shermmer (2006). Meningkatkan Hasil Kemampuan Berhitung Pada Siswa Kelas III SDN 1 Tegalrejo Melalui Media Pohon Berhitung. Proceeding of The URECOL, 882-891.

Erlina, 2018;Susianie (2013). MEDIA POHON BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN

AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70-76.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34.

Hermawan, H. (2018). Updates on the research and development of absorbable metals for biomedical applications. Progress in biomaterials, 7(2), 93-110

Heinich, Robert, Michael Molenda, James D. Russel, (1982) Instructional Media: and the New Technology of Instruction, New York: Jonh Wily and Sons.

Kemmis & Shermmer, 2006 . MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN 002 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Edu

Research, 10(1), 1-5.

Mukhtar (atif,2018), PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di SD Negeri Kalisube,

Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2).

Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving Student's Mathematical Problem Solving Skills through Quizizz. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5(3), 276-288.

T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 19–35, 2012, doi: 10.21831/jep.v8i1.706.

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran Anak Usia Dini

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia

dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.