Pengaruh Pembelajaran Bleanded Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Dolopo 01

Nur Wakhid Abdul Aziz, Elly’s Mersina Mursidik, Hartini Hartini

Abstract


Berdasarkan hasil survey yang saya lakukan di SDN Dolopo 01 pada saat pandemi, SDN Dolopo 01 sudah menerapkan metode pembelajaran blanded learning. Yaitu gabungan antara pembelajaran online (daring) dan tatap muka (luring). Namun dari hasil wawancara dengan guru, ditemukan adanya penurunan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa nilai peserta didik yang menurun. Ada berbagai alasan yang diungkapkan oleh guru, salah satunya peserta didik kurang menguasi pengguanaan media elektronik, waluapun setiap hari mereka menggunakan handphone tapi mereka belum tahu bahwa handphone bisa digunakan untuk mencari atau memperdalam materi yang telah di berikan guru. Apalagi peserta didik yang tinggal dengan nenek nya, mereka kesulitan dalam penggunaan media elektronik karena mereka tidak ada yang membimbing. Sehingga kemampuan peserta didik berkurang dalam memahami materi tematik khususnya mengamati gambar organ tubuh manusia. Selain itu alasan dari peserta didik adalah materi yang disampaikan pada saat pembelajaran daring kurang menarik sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Peserta didik bingung dalam memahami materi pembelajaran karena sebelumnya materi disampaikan dengan menggunakan media pembelajaran berupa video. Berdasarkan paparan masalah di atas, maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “ Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fungsi Organ Tubuh Manusia Kelas 5 SDN Dolopo 01”.

Keywords


Bleanded Learning, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Dewa, M. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. 3(3), 472–484.

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). BLENDED LEARNING - Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. In Jl. Tukad Batanghari VI.B No. 9 Denpasar-Bali (Issue 28).

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Ejournal.Radenintan.Ac.Id, 2(1), 33–49.

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). In Economist (Vol. 366, Issue 8308).

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 21. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692

Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(14), 63–76.

Palennari, M., & Daud, F. (2019). INDONESIAN EDUCATIONAL STUDIES ( IJES ). 22(1).

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.

sugiyono (2018). (n.d.). sugiyono.

Tiari, D. A., & Suryani, N. (2016). Teknodika 22. 16(01), 22–30.

Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Cendekia, 10(1), 108–210


Refbacks

  • There are currently no refbacks.